Breaking News

Gaspol! NTB Segera Bangun Pabrik Pengolah Sampah Plastik Jadi Solar

 




Mataram (postkotantb.com)- NTB Zero Waste merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi NTB yang terus digalakkan, salah satunya dalam mengatasi permasalahan sampah plastik.

Sehingga, Pemprov NTB bersama PT. Geo Trash Management akan segera mendirikan pabrik pengolahan Sampah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dengan kapasitas 20 ton perhari yang berlokaasi di wilayah TPA Regional Kebon Kongok.

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengatakan agar bahan baku sampah plastik yang dibutuhkan pabrik tersebut harus benar – benar diperhatikan ketersediaannya

“Kita juga harus memperhatikan agar bahan baku yang diperlukan oleh pabrik tetap kontinue, sehingga harus dikoordinir setiap bank sampah dan dapat mengumpulkan sampah plastik sesuai dengan yang dibutuhkan,” tegas Ummi Rohmi saat menerima audiensi PT. Geo Trash Management di Ruang Kerja Wagub, Senin (14/02/2022).

Diperkirakan jika pabrik tersebut akan menghasilkan solar sebanyak 13 L per hari. Ummi Rohmi juga mengusulkan agar Pemerintah Provinsi dapat menggunakan BBM jenis solar tersebut.

“Nanti semua kendaraan di Pemprov NTB juga bisa menggunakan BBM ini, harus kita dukung,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi NTB, Ir. Madani Mukarom mengatakan bahwa bahan baku yang diperlukan sudah memenuhi.

Pembangunan Pabrik Pengolah Plastik diperkirakan  berlangsung dipertengahan tahun 2022 dengan luas 60 are.

“Kita sudah mengkoordinir Bank Sampah dan juga akan dibangun pabrik pusat daur ulang pengolahan yang berkapasitas 120 ton per hari itu, akan dipilah jadi kompos, RDF dan batu bara dan juga sampah plastik yang pasti akan terdistribusi ke sana juga,” jelasnya.(Rin)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close