Breaking News

HPN; Kadis Kominfotik NTB: Peran Pers Di Era Digitalisasi Ini Sungguh Luar Biasa

 



Mataram, (postkotantb.com) - Momen Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022, Kepala Dinas Kominfotik NTB Dr  Najamuddin Amy dalam wawancara singkat media ini mengatakan, peran pers di era digitalisasi lebih - lebih di masa pendemi ini sungguh sangat luar biasa,

khususnya di NTB dengan berbagai agenda nasional maupun internasional yang diselenggarakan tentu tidak semudah untuk memperoleh informasi secara detail dan akurat dikarenakan beberapa peraturan pemerintah selama pandemi covid-19, tentang larangan dan pembatasan aktivitas masyarakat.

"Ini menjadi tantangan yang luar biasa bagi rekan-rekan insan pers dalam meliput pemberitaan, akan tetapi kita dapat melaksanakan dengan baik lantaran situasi pandemi ini," jelas Kadis Kominfotik NTB usai pemotongan tumpeng dalam memperingati HPN 2022 di Aula Gemilang Diskominfotik NTB, (09/02/22).

Dijelaskannya, di Nusa Tenggara Barat ini untuk tahun 2022 memiliki begitu banyak event, diantaranya yang paling mendapat perhatian dunia  adalah event MotoGP, selain itu ada Pra-musim, ada  MXGP, kemudian ada juga IATC dan WSBK yang sudah kita lewati, dan ini merupakan tantangan berat.


"IATC dan WSBK  itu kita sudah lewati tahun 2021 yang lalu dan saat itu kita  pada posisi  pandemi covid-19, namun pelaksanaannya sesuai yang diharapkan," ungkap Kadis Kominfotik NTB.

Bagaimana cara kita memulihkan ini.? Salah satu langkah dan upaya untuk memulihkan situasi ini  adalah bagaimana publik dapat merasakan adanya informasi-informasi yang baik, informasi-informasi yang sehat, sehingga muncul kepercayaan dari masyarakat terhadap apa yang di ketahui melalui media tersebut.

Doktor Najam juga menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya dan Pemerintah Indonesia secara umum masih terus berusaha menjalani  keadaan seperti ini dengan baik, ini dibuktikan bahwa NTB bisa tetap produktif, kita tetap bisa melaksanakan kegiatan meski  dengan protokol kesehatan (Prokes) yang sangat ketat.

Kadis bergelar Doktor ini mengatakan, peran media menjadi sangat strategis untuk memberi informasi yang sehat, informasi yang baik kepada masyarakat, agar jangan sampai terjadi ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan yang  menyebabkan kita menjadi lumpuh dan tidak  produktif.


"Penyampaian informasi yang benar di tengah masyarakat inilah yang menjadi salah satu langkah pemulihan kondisi yang selama ini belum normal seperti sedia kala," paparnya.

Berbicara masalah tantangan-tantangan kedepan, bagaimana pers ini dapat seirama dengan perkembangan digitalisasi ini, termasuk kepada upgrade capacity, maka dibutuhkan keterampilan serta profesionalitas dari rekan-rekan jurnalis.

"Keterampilan ini akan menjadi standard dalam melakukan aktivitas jurnalis, sehingga hasil yang didapat untuk disampaikan kepada masyarakat akan lebih sempurna dan akurat," ungkapnya.

Semoga dengan HPN tahun ini menjadi sebuah motivasi untuk menambah semangat kita khususnya rekan-rekan pers dalam menyampaikan informasi - informasi yang dapat dipertanggung jawabkan sehingga masyarakat tidak lagi merasa bingung karena mendapat informasi yang salah dari oknum-oknum penyebar berita hoax.

"Selamat Hari Pers Nasional semoga rekan-rekan wartawan seluruhnya tetap diberi kelancaran dalam menjalankan profesinya," pungkasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan Diskominfotik NTB ini tasyakuran atas Hari Pers Nasional dengan ditandai pemotongan tumpeng yang dihadiri diantaranya Wakil Gubernur NTB, Kadis Diskominfotik, GM Hotel Lombok Astoria, pengurus PWI NTB, perwakilan kelompok Wartawan, serta perwakilan bidang kehumasan TNI dan polri (red)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close