Breaking News

FIK UNW Mataram Terus Berbenah, Menuju Fakultas Kesehatan yang Responsif dan Progressif

 




Dekan FIK UNW Apt.Hj Lale Syifaun Nufus.M.Farm


Mataram, (poskotantb.com) - Fakultas Ilmu Kesehatan Univeristas Nahdatul Wathan (FIK UNW) Mataram, tiada henti terus melakukan pembenahan, mengingat kemajuan zaman terus meningkat.

Sebagai salah satu fakultas di Lingkungan Universitas NW Mataram, terus melakukan upaya progresif untuk memenuhi kebutuhan kesehatan.

Selain DIII Keperawatan, DIII Farmasi, DIII kebidanan dan yang terbaru di FIK UNW, telah ada S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan.

Dekan FIK UNW Apt. Hj. Lale Syifaun Nufus, M. Farm, mengucapkan banyak Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan kontribusinya, sehingga apa yang mereka jadi cita cita Universitas NW Mataram, dalam menyongsong kemajuan zaman saat ini tercapai.



"Tanpa ada dukungan dari semua elemen, khususnya di internal Universitas NW Mataram, apa yang menjadi cita cita dan harapan bersama ini, tidak akan terwujud, terimakasih saya ucapkan," Katanya melalui sambungan telepon, Kamis (14/4).

Dikatakan, Tim penyusun FIK UNW Mataram, khususnya Prodi Kebidanan, alhamdulillah sampai saat ini tetap menjaga kekompakan dan semangatnya, hingga sampai pada tahapan diterbitkannya izin operasional S1 Kebidanan dan Pendidikan profesi Bidan sebagaimana yang termaktub dalam SK Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi No.268/E/O/2022 tanggal 08 April 2022.

"Kekompakan adalah ujung tombak meraih kesuksesan, jika sudah kita kompak insyaallah kesuksesan pasti kita gapai," Ungkap ketua pimpus muslimat NW ini.

Ia menambahkan, dengan telah dibukanya S1 Kebidanan dan Pendidikan profesi tentu menjadi point plus bagi para Mahasiswi Kebidanan yang tidak hanya mendalami soal-soal teknis namun juga dari sisi teoritis dan poin penting lainnya penyediaan tenaga bidan profesional melalui Pendidikan profesi kebidanan.

Secara akademik Pendidikan S1 Kebidanan ditempuh selama 8 semester dengan masa pendidikan paling lama 7 tahun dengan memperoleh gelar professional Sarjana Kebidanan (S.Keb).

Sedangkan pada tahap Profesi ditempuh selama 2 semester dengan masa pendidikan paling lama 3 tahun dengan gelar professional Bidan (Bd).

Sebagai catatan penting lainnya lanjut ketua muslimat NW yang biasa di sapa mbo S, FIK UNW kedepannya akan terus berbenah, dalam rangka mempersiapkan pendidikan kesehatan yang mampu beradaptasi dengan dinamika kebutuhan industri Kerja.

"Karena kami di FIK UNW Mataram menyadari, kalau Mahasiswa kesehatan adalah mahasiswa yang mampu mengidentifikasi masalah dan bahaya potensial kesehatan dan keselamatan pekerja di tempat kerja, merencanakan, mengorganisasikan, dan mengimplementasikan program kesehatan di tempat kerja. melakukan monitoring dan evaluasi program pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan di tempat kerja;  mengatur lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi pekerja dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang kesehatan. Mengingat kita sudah masuk dalam dunia digitalisasi," Ujarnya panjang.

Dengan demikian, FIK UNW Mataram sudah menyiapkan sarana untuk menjawab tantangan Era Industri.

Selanjutnya Terkait tugas pokok dan fungsi bidan, yang bersangkutan tentunya dituntut memiliki kompetensi dan profesionalitas sebagai seorang bidan yang mampu melayani dengan prima.

Kemudian dituntut humanis dalam rangka mendukung serta mewujudkan kesehatan ibu dan anak. Untuk itu, para calon bidan tidak cukup dengan pendidikan vokasi atau akademis saja.

Sehingga Mereka butuh diberikan penguatan praktik dan bersimulasi dalam mengatasi permasalahan di lapangan.

Sejalan dengan itu, tentunya di FIK UNW Mataram bakal membekali para mahasiswanya 90 persen dengan kuliah praktik, serta serangkaian kompetensi yang mampu menjawab berbagai tantangan tersebut. Diantaranya penguasaan IT, kompetensi komunikasi, kolaboratif, berpikir kritis, dan kreativitas. “Kompetensi dan profesionalitas bidan diperlukan, utamanya untuk menekan bahkan mengurangi secara drastis angka kematian ibu dan bayi saat persalinan,” tutup Mbo S (ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close