Breaking News

Ide Karutan Praya Ciptakan WBP Produktif, Tahun 2022 Rutan Praya Gandeng BLK Loteng

 


M.Ridwan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Praya.


Loteng, (postkotantb.com) - Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Praya Kanwil Kemenkumham NTB, idenya menciptakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), tidak pernah habis.

Setelah sebelumnya membangun sinergitas dengan Komunitas Independen Lombok, kini Rutan Praya gandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Praya untuk melatih kemandirian WBP Rutan Kelas IIB Praya, Kamis (07/04).

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Praya M.Ridwan mengatakan, pihaknya sengaja berkunjung secara langsung ke kantor BLK Loteng, dengan tujuan bisa melakukan kerja sama dengan BLK, sehingga WBP bisa diberikan pelatihan dan praktek kerja secara langsung guna menciptakan tenaga kerja yang handal, produktif  dan bisa bisa bersaing di masyarakat, terutama selepas mereka keluar.

"Sebelumnya Rutan Praya telah mengajukan proposal untuk bekerja sama dengan BLK Lombok Timur, namun karena tak ada kesibukan lain, sehingga kami diarahkan ke BLK Loteng. Tujuan kami adalah biar pihak BLK memberikan kami pelatihan khusus WBP dan bila perlu praktik bersama," jelasnya.

Atas kunjungan tersebut, pihaknya berharap ke depan pihak BLK bersedia memberikan peluang bkepada para WBP, untuk diberikan pelatihan, sehingga mendapatkan ilmu dan menjadi bekal untuk mencari kerja’, selepasnya mereka masa tahanannya selesai.

"Yang jelas, kami inginkan, mereka punya bekal selepas mereka keluar dari tahanan,"ucap Ridwan.

Sementara itu Kepala Rutan Praya Jumasih mengaku bangga dengan tekad para WBP yang ingin diberikan pelatihan, kendati mereka masih dalam tahanan.

Keinginan dan tekat mereka itu, harus disalurkan sehingga nanti mereka ada bekal dan keterampilan dalam mengarungi hidupnya.

"Kita kagum sama tekad para WBP, kendati di tahanan keinginan mereka untuk merubah diri selalu ada, sehingga kita berinisiatif memberikan pelatihan keterampilan kepada mereka, dan kami siap salurkan dengan cara menjalin kerjasama dengan BLK Loteng," Katanya.

Dikatakan, setelah melakukan koordinasi, BLK Loteng siap memberikan pelatihan kepada warga binaan, untuk mewujudkan pribadi yang yang handal, produktif dan siap bersaing di masyarakat saat kembali ke keluarga.

Selain itu pihak BLK Loteng juga merespon secara baik kegiatan positif yang ingin dilakukan oleh Rutan Praya dan siap mendukung secara penuh dan siap memfasilitasi WBP yang akan melakukan latihan kerja di BLK guna menciptakan perubahan dan image yang baik kepada Warga Binaan di Rutan Kelas IIB Praya Kanwil Kemenkumham NTB. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close