Breaking News

Hompimpa, Jadi Simbol Kekeluargaan HBK Atasi masalah Tanpa Masalah


 Loteng,(poskotantb.com)- Hompimpa adalah sebuah cara untuk menentukan siapa yang menang dan kalah dengan menggunakan telapak tangan yang dilakukan oleh minimal tiga peserta.

Biasanya hompimpa digunakan oleh anak-anak untuk menentukan giliran dalam sebuah permainan. Beda halnya dengan Hompimpa ala Haji Bambang Kristiono, dimana para penasehat HBK ngotot agar duluan mendapatkan bantuan unit tangki air terbaru. Karena masing masing penasihat sama sama ngotot ingin tangki air yang paling baru, sedangkan tangki air yang direbutkan berbeda kondisinya.

Agar tidak ada yang merasa dirugikan atau tersinggung, akhirnya pembagian armada tangki, diselesaikan dengan permainan hompimpa.

"Armada tangki air ini, kan ada yang baru juga ada yang lama, sedangkan para penasehat HBK sama sama ingin dapat yang paling baru, akhirnya kami memutuskan menyelesaikannya dengan main Hompimpa," kata Ketua Badan Pengawas dan Disiplin (BPD) Partai Gerindra ini, Senin (16/05).

Menggunakan budaya permainan anak anak ala hompimpa dalam memecahkan kebuntuan, sebab selama ini hompimpa mampu menyelesaikan masalah tanpa masalah.

"Coba kita tengok permainan anak anak yang menggunakan hompimpa, dalam menyelesaikan sebuah permainan, selalu berakhir dengan damai. Mengambil hikmah dari budaya hompimpa, sehingga kami sepakat menggunakan itu dalam menentukan siapa yang dapat tangki air yang paling baru buat HBK PEDULI di wilayahnya masing-masing," jelasnya panjang.

Selain itu, budaya hompimpa di era modern ini sudah mulai punah dan jarang digunakan dalam permainan anak anak, sehingga untuk mengembalikan budaya tersebut, dilakukan lah hompimpa dalam menentukan siapa yang dapat armada tangki air yang paling baru tersebut.

"Di samping menyelesaikan masalah tanpa masalah, kami berniat untuk melestarikan budaya ini di tengah-tengah kemajuan zaman," ujarnya.

Sementara itu wakil ketua DPD Gerindra NTB HL. Sudiartawan mengatakan, selain mempertahankan budaya, cara yang di tunjukkan bapak HBK, khususnya kepada semua kader bisa melihat, bahwa HBK itu bukan sosok yang otoriter, bahkan untuk memutuskan hal hal kecil saja diserahkan kepada pengurus Gerindra sendiri untuk putuskan, seperti yang sudah dilakukan saat memberikan bantuan armada tangki air.

"Semua apa yang diputuskan, selalu melalui musyawarah mufakat termasuk dalam menentukan siapa yang duluan diberikan bantuan armada tangki air, dengan cara hompimpa.(AP)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close