Breaking News

Lembaga Sertifikasi Kompentensi Hadir Penuhi Kebutuhan Warga Loteng

 


Loteng, (postkotantb.com) - Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) untuk Tata rias pengantin gaun panjang dan berkerudung. Kini sudah mulai digaungkan di Lombok Tengah (Loteng).

Bertempat di Pendopo I Bupati Loteng, Kamis (19/5), pelatihan tata rias pengantin gaun panjang dan berkerudung, di buka langsung oleh Baiq Nurul Aini Pathul Bahri.

Ketua PKK Loteng Baiq Nurul Aini Pathul Bahri mengaku bangga dan mendukung penuh, pihak LSK yang ingin membuka pelatihan Tata rias pengantin gaun panjang dan berkerudung.

"PKK Loteng mendukung penuh, LSK membuka pelatihan Tata rias pengantin gaun dan berkerudung," Katanya.

Memberikan dukungan lanjut mantan ketua GOW Loteng ini, pasalnya di samping ini hal baru, di Loteng 90 persen penduduknya orang muslim, sehingga latihan ini sangat tepat dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu, gaun pengantin gaun dan berkerudung, saat ini sedang ngetren, sehingga tidak ada alasan, PKK tidak mendukung. "Yang jelas pelatihan ini kamu suport penuh," Cetusnya.

Selanjutnya, OPD yang memiliki lingkup kerja Tata rias, pihaknya akan meminta untuk segera memberikan dukungan dan suport. Sebab pihaknya tidak menginginkan, beberapa program ynag sudah dilatih, hanya sebatas pelatihan, sedangkan implementasinya belum terlihat.

"Ini betul betul terobosan baru sesuai  kebutuhan, dan dinas terkait harus segera menindaklanjutinya," Pintanya.

Dikatakan, pihaknya sangat bangga dan senang ketika mendengar ada wanita yang mampu mengukir karir di luar mengurus suami dan keluarga. Sebab tanggung jawab anak dan keluarga, bukan hanya tanggung jawabnya suami, dengan adanya wanita yang mampu berkarir, maka rizki akan semakin mengalir.

"Tak ada ceritanya, orang yang punya kelebihan jadi sampah masyarakat, malah sebaliknya dengan adanya kelebihan rizki itu akan datang dan melahirkan kelebihan, kaum hawa juga tak diragukan lagi," Ungkapnya.

Selain itu, Loteng telah banyak kecipratan program pusat setelah KEK mandalika beroperasi. Dengan adanya skill baru, tentunya ke depan akan banyak peluang pekerjaan yang bisa mendatangkan rizki.

"Kepada semua peserta, saya harapkan peluang ini jangan di sia siakan dan terimakasih kepada LSK, yang telah memilih Loteng sebagai pusat pelatihan tata rias pengantin gaun panjang dan berkerudung," Pintanya.

Sementara itu ketua LSK R. Akanas kosasih koesoemadonata mengatakan, kenapa pihaknya mengembangkan tata rias pengantin gaun panjang dan berkerudung di Loteng.

Setelah melakukan kerjasama dengan tata rias Caroline yang berlokasi di Loteng, potensi Loteng dan kebutuhan masyarakat akan rias pengantin gaun panjang dan berkerudung cukup tinggi.

Sehingga pihaknya bersama tata rias Caroline, sepakat untuk membuka pelatihan tata rias pengantin gaun panjang dan berkerudung. "Potensi Loteng sangat luar biasa, apapun skill yang kita miliki, insyaallah di Loteng pasti dimanfaatkan, apalagi tata tias  pengantin gaun panjang dan berkerudung," Katanya.

Potensi tersebut, di samping penduduknya 90 persen beragama Islam, tingkat kemajuan pembangunan Loteng menjanjikan. Sehingga, di samping banyak yang meminati nya masyarakat juga banyak yang mendukung.

Selanjutnya dalam pelatihan ini, diikuti oleh 17 peserta, yang berasal dari Lotim, Lobar, KLU, Mataram dan Loteng.

Selain hal di atas, kenapa pihaknya membuka jaringan di Loteng, sebab LSK sudah legal dan sudah melakukan kerjasama dengan pemerintah melalui
kemendikbudristrek. Sehingga siapapun yang sudah mengantongi sertifikat dari LSK, akan mendapat pengakuan ketika mereka ingin bekerja keluar negeri, akan diberikan kemudahan artinya cepat diterima.

"Lulusan LSK, itu akan mendapatkan sertifikat seumur hidup, artinya ketika ingin bekerja ke luar negeri sertifikat ini bisa jadi paspor untuk bekerja ke luar negeri," Ungkapnya. "Tentunya bekerja ke luar negeri, sesuai dengan skill yang mereka cari ke luar negeri," Sambungnya.

Sementara itu ketua Tata rias Caroline Praya Yulianto prabowo mengaku tata rias Caroline, mulai ada sejak tahun 2016 untuk tata rambut dan kulit. Dan telah melahirkan banyak lulusan.

Di tahun 2022 ini, dipercaya membui tata rias pengantin gaun panjang dan berkerudung. "Kepercayaan ini adalah amanah dan kami optimis, rias pengantin gaun panjang dan berkerudung, pasti cepat berkembang, apalagi di Loteng 90 persen masyarakatnya muslim dan rias ini sedang trend di kalangan anak mudi," Tutupnya. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close