Breaking News

Pastikan Sapi Ammar Sasambo Bebas Penyakit PMK, drh Loteng Berikan Asupan Kekebalan Tubuh

 


Loteng, (postkotantb.com) - Penyakit Mulut dan Kuku, atau sering disebut PMK, adalah salah satu penyakit menular pada hewan yang saat ini sedang jadi penyakit mengkhawatirkan bagi para peternak.

Di Lombok Tengah sendiri, penyakit mematikan tersebut sudah ditemukan, dan aparat kepolisian bersama Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Lombok Tengah, sudah melakukan upaya pencegahan di sejumlah pasar hewan di Lombok Tengah.

Menjaga penularan penyakit mematikan tersebut, presiden Ammar Sasambo Ading Walet Desa Kateng Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah HL. Ading Buntaran mengatakan, maraknya pemberitaan terkait penyebaran PMK pada hewan, pihaknya telah mengundang dokter hewan UPT Hama Penyakit dan Kesehatan Hewan Praya Barat Lombok Tengah, untuk melakukan pengecekan terkait kondisi sapi, termasuk pemberian asupan kekebalan tubuh.

"Saat ini, jumlah peternak sapi yang dikelola oleh Ammar Sasambo Ading Walet, baru sebanyak 79, dari total 99 sapi yang direncanakan. Untuk memastikan sapi sapi tersebut dalam kondisi sehat, kami sudah mengundang Dokter hewan untuk melakukan pengecekan termasuk memberikan asupan kekebalan tubuh pada sapi," Katanya singkat, Sabtu (14/5).

Untuk diketahui PMK merupakan penyakit hewan yang bersifat akut dan memiliki angka kesakitan mencapai 90-100 persen pada hewan berkuku belah, seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi serta penyebarannya sangat cepat, namun tidak bersifat zoonosis (tidak menular/aman pada manusia). (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close