Breaking News

Tradisi dan Budaya Barapan Kebo Harus Tetap Dilestarikan, Ini Pesan Ketua DPRD Sumbawa

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) -   Ketua DPRD Sumbawa yang juga menjabat sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa, di sambut dan di kalungi bunga oleh ketua panitia karapan Kebo Desa Boal Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Minggu (8/5)

Kegiatan barapan Kebo (Kerbau) yang di selenggarakan di Desa Boal Kecamatan Empang itu diikuti oleh Komunitas barapan Kebo dari 2 Kabupaten yakni kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Barapan Kebo merupakan Agenda yang hampir setiap bulan diadakan di sejumlah kecamatan yang ada di dua kabupaten. Bahkan hampir setiap minggu diadakan di Desa2 yang ada di 2 Kabupaten tersebut mendapat giliran untuk melaksanakan Event Barapan Kebo seperti hari ini di yang digelas di Desa Boal. Kecamatan Empang

Kali ini Kegiatan event barapan kebo yang berlangsung di Desa Boal, kali ini Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq hadir dan sekaligus membuka langsung kegiatan Barapan Kebo tersebut

Pada kesempatan itu Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq dalam sambutannya mengatakkan, Betapa pentingnya menjaga tradisi yang ada di Tana Samawa, salah satunya Barapan Kebo seperti yang sedang berlangsung hari ini, kata Rafiq.

"Barapan Kebo adalah tradisi dan budaya lokal Tana samawa yang perlu dilestarikan dan tetap di jaga kelestraiannya ," cetusnya.

Perhelatan Barapan Kebo biasanya dilaksanakan di awal musim tanam pada lahan sawah yang telah digenangi air sebatas lutut, itu sangat menarik di tonton para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Ujar Rafiq.

Rafiq mengatakan, demi kelangsungan  tradisi  Barapan Kebo ini maka Abdul Rafiq akan mengalokasikan dana Pokir nya kepada Komunitas Barapan Kebo Kecamatan Empang sebesar Rp 50 juta pertahun, beber Rafiq.

Kemudian lanjutnya, Tradisi Barapan Kebo bahkan juga dilakukan di Desa Lainnya seperti Moyo Hulu, Desa Mokong, Desa Brang Rea, Desa Sebasang juga di Moyo Hilir seperti Desa Senampar, Desa Poto, Desa Lengas, Desa Batu Bangka, Desa Maronge hingga Desa Utan, selain di Pamulung sebagai event budaya khas Sumbawa sebutya.

Kami sangat gembira menyaksikan antusiasme para peserta dan Kerbau-kerbau peserta dikumpulkan sejak 2 hari atau 3 hari sebelum event budaya ini digelar. Hal ini menunjukkan bahwa Orang Sumbawa, memiliki minat dan semangat juang yang tinggi dalam melestarikan budaya daerah.

Tentunya para peserta yang ikut memiliki harapan untuk mendapatkan juara. Kebetulan juga hadiah yang disiapkan juga menarik seperti hadiah ternak sapi bagi para jawara". Imbuh Rafiq yang juga ketua Ikatan Keluarga Lombok Sumbawa ini.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa ikut mencoba sensasi menaiki Kareng (semacam kayu tempat berdiri Joki _red) dan memegang kayu kendali dari garis start hingga berhasil ke garis finis tempat saka  dipancang dengan mulus tanpa terjatuh.

Saka adalah merupakan tongkat yang dipasang oleh Panitia sebagai Finis yang harus dilalui oleh Joki dan kerbaunya sbg syarat kemenangan. pasangan kerbau yang berhasil mengenai tepat di saka dan Waktu tercepat maka dialah yang meraih nilai tertinggi dan menjadi juara.

Biasanya di bagian ini ada peran magis (Sandro) Penghalang sehingga tidak dapat tersentuh oleh kekuatan lari sang kerbau dengan bantuan Sandro back-up joki dan kerbau peserta.

Disaat pasangan kerbau mendekati sakak inilah yang menjadi daya tarik bagi penonton. Apakah pasangan kerbau dan Joki berhasil mengenai saka. Jika berhasil berarti Sandro yang Mem-back Up Joki yang menang. Dan bisa juga disebut Karapan Kerbau sebagai ajang adu sakti Sandro dan kekuatan Kerbau peserta, ulas Rafiq.

"Semoga budaya barapan Kebo di Sumbawa ini tetap kita lestarikan, mengingat sangat menariknya kegiatan ini sehingga bisa menjadi daya tarik pariwisata baik wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara." Harapnya
 
"Untuk itu Kami sebagai Perwakilan Rakyat akan Siap mensupport kegiatan komunitas barapan Kebo Samawa " imbuh Rafiq (lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close