Breaking News

Ormas Laskar Mandalika, Resmi Dideklarasikan

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Laskar Mandalika, resmi dideklarasikan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Desa Kita Kecamatan Pujut Lombok Tengah (Loteng) dengan mengambil tema "Tak Harus Sedarah Untuk Bersaudara".

Deklarasi dan pengukuhan Ormas Laskar Mandalika tersebut, terbentuk kurang dari satu bulan.

Pembina sekaligus penasihat Ormas Laskar Mandalika Lalu Anton Hariawan mengaku, terbentuknya Ormas ini, setelah sejumlah tokoh muda dari Kecamatan Pujut Loteng, datang dan konsultasi, terkait bagaimana caranya memanfaatkan kemajuan saat ini di Loteng, terutama di Kecamatan Pujut.

Tqermasuk bagaimana caranya menjaga serta merawat kemajuan saat ini. Atas hal tersebut, pihaknya sangat tertarik dengan komitmen para tokoh muda sehingga pihaknya bersedia ikut bergabung dalam Ormas ini.


"Setelah saya baca misi dan visi Ormas ini, itu adalah perbuatan yang sangat mulia dan saya salut, dengan lahirnya komitmen para pemuda, yang ingin berbuat untuk daerah sendiri dan saya langsung memberikan saran dan ikut bergabung berjamaah dengan Ormas Laskar Mandalika," Katanya, Sabtu (25/6).

Bendahara Kongres advokat Indonesia ini menambahkan, ada beberapa saran yang ia berikan untuk menjaga dan menyambut serta mendukung kemajuan KEK Mandalika.

Pertama, pihaknya menekankan untuk menjaga keamanan, sebab apapun itu yang dilirik oleh orang luar adalah keamanan, apalagi ini KEK Mandalika, salah Satu kawasan wisata kelas internasional.

Pastinya yang ditanyakan pertama adalah keamanan. "Jika keamanan terjamin, saya yakin KEK Mandalika akan membawa keberkahan bagi kita semua," Ungkapnya.

Selanjutnya kebersihan, jika rasa aman itu sudah lahir, maka bagaimana caranya ormas ini harus mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Sehingga nantinya para pengunjung lebih nyaman dengan lingkungan KEK Mandalika.

Buat tim advokasi, guna menarik para investor asing datang menanam saham untuk melakukan Investasi. Dan yang terakhir Kebijakan publik.

"Semua yang kami sarankan ini, tentunya tidak lepas dari kerjasama dengan seluruh komponen, terutama dengan pihak ITDC," Ujarnya

Oleh karenanya, dengan adanya Ormas
Laskar Mandalika, mampu melahirkan kontribusi bagi kemajuan pariwisata di Loteng, khususnya di KEK Mandalika.

Terakhir, pihaknya menyarankan kepada ketua dan koordinator masing masing divisi, agar segera membuat program peningkatan SDM, khususnya di kalangan anggota dan umumnya untuk masyarakat banyak.

Sebab pihaknya tidak menginginkan kemajuan ini dinikmati oleh orang luar saja, sehingga peningkatan SDM itu penting.

"Silahkan segera lahirkan program yang mengarah kepada peningkatan SDM, sebab dengan bekal SDM insyaallah kebutuhan di KEK Mandalika akan terpenuhi dan kemajuan ini, tentunya tidak dinikmati oleh orang luar saja," Ungkapnya.

Sementara itu ketua umum Laskar Mandalika (LM). Soekarno mengatakan, Laskar Mandalika, siap membangun kontribusi dengan pemerintah dan pihak ITDC.

Sebab keberadaan KEK Mandalika, ini adalah peluang besar yang diberikan pemerintah pusat. Oleh karenanya, peluang tersebut harus di manfaatkan, dengan sebaik baiknya, demi kemajuan bersama dan daerah.

"Manset kita harus kita ubah, sebab Kuta saat ini telah dikenal oleh internasional, oleh karena itu, kita harus hadir dalam perubahan kemajuan ini, Laskar Mandalika siap memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan KEK Mandalika," Katanya.

Setelah pelantikan ini lanjutnya, pihaknya akan segera melakukan rapat internal, untuk melahirkan program yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan di KEK Mandalika, terutama masalah peningkatan SDM di internal anggota.

Selanjutnya masalah legalitas, alhamdulillah Laskar Mandalika, sudah mendapatkan pengakuan dari kemenkumham. Ini artinya Laskar Mandalika memiliki badan hukum yang jelas.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) Laskar Mandalika, LM. Trasna Adi Saputra membeberkan, ada beberapa bidang yang sudah dibentuk, dimana bidang tersebut bersentuhan langsung dengan kebutuhan di KEK Mandalika.

Seperti bidang sosial, budaya, dan pengoperasian kepentingan masyarakat untuk kemaslahatan.

Dijelaskan, untuk sosial Laskar Mandalika siap bergandengan dengan ITDC ataupun pemerintah, berbuat apapun yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Selanjutnya kebudayaan, beberapa kebudayaan seperti gendang belek Dan beberapa budaya lainnya, siap untuk dilestarikan Dan di setiap ada event event, budaya nenek moyang harus di tampilkan, sebagai bentuk melestarikannya.

Sedangkan pengoperasian kepentingan masyarakat untuk kemaslahatan, dengan beberapa program termasuk pelatihan yang akan dibuka, nantinya Laskar Mandalika akan berkolaborasi dengan pemda, terutama dalam meningkatkan SDM, untuk menyambut KEK Mandalika.

Ia menambahkan, ke depan perekrutan anggota akan terus dilakukan, anggota nantinya tidak hanya di sekitar desa penyangga KEK, namun menyeluruh di seluruh NTB. Kenapa ini dilakukan, sebab KEK Mandalika adalah milik bersama, untuk kita jaga bersama.

"Pada intinya, Laskar Mandalika, adalah wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, dan anggota terbuka untuk siapapun, sebab KEK Mandalika adalah milik bersama untuk kemaslahatan bersama," Ujarnya.

Sementara itu perwakilan dari ITDC
Fahri mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama anggita Laskar Mandalika, untuk mari bersama sama menjaga KEK Mandalika.

Sebab seluruh kementerian di pusat, programnya terfokus KEK Mandalika, lebihnya lagi setelah gelaran MotoGP KEK Mandalika, sudah naik di posisi kelas internasional. "Mari sama sama kita jaga sinergitas, ITDC sebagai korporasi, pemda dan kita semua harus saling bahu membahu. Dan ITDC siap berkolaborasi demi kesuksesan bersama," Harapnya.

Ketua Forum Kepala Desa (FKD) Kecamatan Pujut Lalu Syukur menceritakan, tahun 1991, saat itu pihaknya bersama empat orang sebagai pelaku wisata, dimana saat itu Kuta sebagai hutan belantara, namun kini alhamdulillah sebagai pusat rizki.

Kenapa pihaknya mengatakan demikian, sebab seluruh dunia sudah mengenal KEK Mandalika, dan ini tentunya implementasinya pasti mendatangkan uang atau rizki.

Oleh karenanya, marilah sama sama dijaga dan pihaknya sangat bersyukur, lahirnya Ormas Laskar Mandalika, lahir dari kalangan kaum muda yang notabenenya, memiliki pemandangan yang lebih cerdas dan luas.

"Insyaallah kami yakin, Laskar Mandalika mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan KEK Mandalika," Yakinnya.

Kapolres Loteng AKBP Hery Indra Cahyono berharap dengan terbentuknya omas ini, sebagai wadah, yang nantinya bisa membuat anggota dan masyarakat, aspirasinya bisa terakomodir dan terwujud, tentunya dalam hal yang positif.

Dikatakan, jika dulu Bali sejahtera karena pariwisata, kini pariwisata tingkat internasional ada di KEK Mandalika, oleh karenanya keberadaan Laskar Mandalika, harus mampu sebagai garda terdepan, untuk melahirkan rasa aman, nyaman dan menciptakan kebersihan, dengan budaya bersih insyaallah para pengunjung lebih betah dan nyaman tinggal di Lombok.

Selanjutnya, untuk para Anggota SDM nya harus tingkatkan, biar nanti tidak jadi penonton, artinya kita nikmati bersama hasil dari  kemajuan ini. "Saya tidak ingin, kita jadi penonton di tanah kelahiran sendiri, oleh karenanya saya berharap agar SDM kita harus tingkatkan," Pintanya.

Yang terakhir, Lombok dikenal sangat kaya dengan budaya seperti Gendang belek, pihaknya berharap itu harus di lestarikan. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close