Breaking News

Greendbelt Tsunami, BPBD KLU Tanam 1000 Waru Laut di Sepadan Pantai Lombok Utara

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - BPBD KLU bersama instansi terkait menanam 1000 pohon Waru Laut di Sepadan Pantai Lombok Utara, Senin (18/7/2022).

Penanaman pohon ini dilaksanakan di tiga titik, yakni Dusun Telok Komabal, dusun karang Pangsor dan dusun Muara Putat kecamatan Pemenang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lombok Utara, Zaldi Rahadian, ST. menjelaskan, penanaman dalam rangka Greendbelt Stunami, yakni penguatan sepadan pantai, sungai, mata air dan tebing.

"Fase reproduktif tumbuhan waru dapat beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan yang menyebabkan waru memiliki masa yang panjang pada fase reproduktifnya," jelas Zaldi.

Kegiatan penanaman pohon waru laut lanjut Zaldi, merupakan rangkaian kegiatan dari lanjutan program tahun sebelumnya. Penanaman waru laut ini pun berlangsung dua hari, mulai Senin sampai Selasa (19/7) besok.

“Penekanannya adalah menumbuhkan rasa solidaritas, membangun kepedulian terhadap lingkungan, atau membangun lingkungan agar nantinya atau setidaknya terhindar dari bahaya dari adanya badai rob atau gelombang laut (tsunami),” kata Zaldi.

Adapun manfaat lain dari tanaman waru laut kata Zaldi, sebagai tempat berlindung dari teriknya sinar matahari. Selain itu meredam gelombang tsunami, mencegah abrasi pantai, melindungi ekosistem darat dari badai dan angin, pengendali erosi, pengendali pemanasan global, penghasil bahan baku kosmetik, biodiesel, bioenergi, obat-obatan, habitat dan perkembangbiakan flora dan fauna. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close