Breaking News

Kolam Renang Tibu Gempur Desa Pijot Dilaunching, Konsepnya Gabungkan Wisata dan Sejarah

 


Lombok Timur, (postkotantb.com) - Kepala Desa Pijot, Abdurrahman melaunching Kolam Renang Tibu Gempur, Rabu (27/6). Kolam renang yang berada di Kecamatan Keruak ini pun kini menjadi daya tarik baru di kawasan selatan Lombok Timur.

Selain menjadi destinasi wisata baru, Desa Pijot memang memiliki cerita sejarah tersendiri. Diceritakan Abdurrahman, dahulu kawasan Tibu Gempur Desa Pijot sangat susah mendapatkan air. Karena tidak ada hujan di tempat ini (Kolam Renang Tibu Gempur), masyarakat Pijot pada masa itu berkumpul untuk melakukan ritual adat untuk minta hujan. Usai ritual, hujan pun tiba-tiba turun dengan sendirinya tentunya atas seizin Tuhan.

"Apalagi jika masyarakat melakukan acara ritual adat "Nede". Seketika turun hujan," ulas Abdurahman.

Meski pembangunan kolam wisata ini belum rampung lanjut dia, namun pihaknya berupaya sekuat tenaga untuk melanjutkannya. Sehingga master plan-nya, sudah selesai dikerjakan.

"Tapi nanti sedikit demi sedikit Pemdes bersama Pokdarwis bahu membahu untuk membenahi sehingga tahap demi tahap kita selesaikan," janjinya.

Menurut perencanaan kata dia, selain kolam orang dewasa, ada pula home stay, BallRoom, hingga tempat permainan anak anak. Namun karena keterbatasan anggaran, Pemdes berharap bisa mendapatkan suntikan dana dari pemerintah daerah.

"Yang sangat kami butuhkan dari Pemda yakni infrastruktur jalan menuju lokasi Tibu Gempur," harapnya.

Di tempat yang sama, Camat Keruak Ahmad Subhan yang turut menghadiri launching Kolam Renang Tibu Gempur mengaku sangat menghargai usaha keras Pemdes Pijot yang begitu semangat untuk membangun desanya. Meski demikian, pihaknya berharap rasa aman dan nyaman masyarakat sekitar diutamakan.


"Intinya dimanapun kita membangun kalau tidak aman, kita tidak bisa mengembangkan wisata tidak akan pernah maju. Untuk itu bagi para pemuda saya harap untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak mendukung pariwisata," pesannya.


Kadis Pariwisata Lotim, Iswan Rahmadi juga mengapresiasi terobosan Kades Pijot atas semangat dan usahanya mengembangkan desa wisata. Pemdes kata Iswan, sudah mampu membangkitkan semangat generasi muda untuk ikut bersama-sama membangun desanya.

"Dulu Indonesia membangun desa, tapi di Pijot, desa yang membangun Indonesia," kata Iswan Rahmadi bangga. (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close