Breaking News

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Gelar Penyuluhan Sadar Wisata di Desa Senaru  

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) -  Mahasiswa KKN Tematik melaksanakan penyuluhan sadar wisata di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara dengan tema "Membangun Karakter Sadar Wisata Masyarakat Senaru melalui Penerapan Sapta Pesona".
 
Penyuluhan yang dilaksanakan pada Senin (25/7/2022) di aula Kantor Desa Senaru itu menghadirkan Kepala Bidang PSDP Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Fahman Toriki sebagai pemateri. Sementara peserta penyuluhan dalam kegiatan sebanyak 15 Kepala Dusun, Anggota BUMdes Pamdes dan wisata, Pokdarwis, Bank Sampah serta Women Guide.
 
Penyuluhan sadar wisata melalui penerapan sapta pesona ini bertujuan membangun dan menerapkan ketujuh aspek sapta pesona yang ada di Desa Senaru sebagai upaya pengoptimalan SDA dan SDM yang potensial.
 
"Desa Senaru merupakan desa wisata yang telah dikenal masyarakat luas secara nasional. Hal ini terbukti pada salah satu prestasi yang didapat pada gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa Wisata Senaru juga masuk lima besar nasional dengan berada di urut empat. Dengan prestasi yang didapat upaya penumbuhan hospitality masyarakat senaru harus selalu ditingkatkan," ucap Raden Akria Buana, Kepala Desa Senaru saat memberikan sambutan.
 
Sementara itu, Fahman Toriki menjelaskan dalam mewujudkan sapta pesona ini, masyarakat harus mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Program Sapta Pesona bukanlah suatu hal yang asing didengar dalam masyarakat desa wisata. Karena ini sudah termaktub dalam Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Nomor KM.5/UM.209/MPPT-89 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sapta Pesona. Program sapta pesona wajib diselenggarakan secara terpadu guna meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab segenap lapisan masyarakat untuk mampu mewujudkannya di Senaru," paparnya.
 
Perwakilan mahasiswa KKN Tematik Unram, Neneng Bayoti menjelaskan tentang urgensi dari wisata di Senaru yaitu sarana atau tempat dipasarkan oleh-oleh khas. Hal ini terimplementasi pada salah satu unsur sapta pesona yaitu Kenangan. Dimana diperlukan ada toko khusus yang menyedikan berbagai ciri khas dari hasil alam Senaru.

Kemudian setelah membuka komunikasi dengan pihak BUMDes kedepannya akan dibangun Warung Serba Ada (Waserda) yang menyediakan makanan atau minuman khas sebagai oleh-oleh. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close