Breaking News

Disnakertrans Lotim Gandeng BPVP Siapkan Calon PMI Profesional

 


Ahmad Wardi.S.Com Kepala Bidang (kabid) Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja pada kantor Disnakertrans Lotim



Lombok Timur, (postkotantb.com) - Menyikapi kebutuhan tenaga kerja profesional,yang berasal dari negara Indonesia, yang akan bekerja di sejumlah negara penerima Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lombok Timur terus berupaya menyiapkan tenaga kerja terampil dan siap pakai dalam dunia kerja. Termasuk menyiapkan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk dikirim bekerja ke luar negeri.

Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Wardi,antusias dalam dan serius menyikapi hal ini,sehingga pihaknya bekerjasama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) dalam melakukan pelatihan calon-calon PMI profesional di daerah itu.


"Setelah mendapatkan pelatihan di BPVP, para calon PMI itu akan diberikan ID (identitas diri) yang menerangkan bahwa calon PMI itu sudah memiliki kompetensi mengisi dunia kerja. Bahkan, para calon PMI itu juga akan memiliki sertifikat yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," jelas Ahmad Wardi kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (16/8/2022).

Angkatan pertama tahun ini, kata dua, pelatihan calon PMI profesional yang diberikan secara gratis itu diikuti oleh sembilan belas orang perempuan yang khusus untuk bekerja di rumah tangga (house made).

"Para calon PMI profesional itu akan dikirim ke beberapa negara seperti Hongkong, Singapura, Malaysia dan Taiwan," katanya.


Sementara untuk angkatan kedua, jumlah peserta pelatihan yang juga diberikan secara cuma-cuma oleh pemerintah daerah sebanyak tujuh paket atau 112 orang.

"Para calon PMI angkatan kedua ini disiapkan untuk mengisi pekerjaan ladang atau plantation worker di negeri Jiran Malaysia," bebernya.

Disnakertrans sebagai koordinator, lanjunya,  bertugas menyampaikan informasi pasar kerja, job order, negera tujuan penempatan calon PMI, perusahaan penyalur tenaga kerja resmi serta melakukan pendataan kepada seluruh calon pahlawan devisa di daerah itu.

Karena itu, kata Wardi, masyarakat yang berminat bekerja di luar negeri hendaknya berkoordinasi dan mencari informasi pekerjaan di Disnakertrans agar dilakukaan pendataan dan perusahaan yang memberangkatkannya juga jelas.


"Secara berkala kami juga melakukan monitoring dan pengawasan kepada warga masyarakat yang mengais rejeki di luar negeri secara resmi. Data-data PMI sudah ada, jadi mudah melakukan pengawasan," tambahnya.

Menurutnya,kedepan Disnakertrans Lotim,akan mengembangkan Desa Migran Produktif (Desmigratif) Mandiri tahun 2022.

Dijelaskannya," pembentukan Desmigratif Mandiri dilakukan sebagai tindak lanjut dari Desmigratif yang telah lama dibentuk oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI, sebagai salah satu upaya memberikan perlindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau yang dulu disebut Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Pembentukan Desmigratif Mandiri itu, kata dia,tidak lain untuk memberikan edukasi awal mengenai tata cara bekerja keluar negeri sesuai dengan prosedur.

"Untuk tahun ini, Desa Anjani terpilih sebagai Desa Migran Produktif di Lombok Timur," jelasnya.

Dia juga  menyebutkan, pada program Desmigratif terdapat kegiatan usaha produktif untuk memberikan keterampilan membangun usaha produktif, serta ikut membina anak-anak PMI dalam kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah serta pembentukan koperasi desmigratif dalam penguatan usaha produktif.

Lanjut dia menjelaskan, rencana pembentukan Desmigratif Mandiri di Kabupaten Lombok Timur, memiliki fungsi yang sama dengan Desmigratif yang dibentuk pemerintah pusat.

Hanya saja, katanya pembentukan Desmigratif Mandiri, dibutuhkan komitmen yang kuat dari pemerintah daerah hingga ke tingkat Kadus dan RT. Sebab, Desmigratif bersifat sukarela.

Namun manfaatnya cukup besar bagi calon PMI untuk mendapatkan informasi pasar kerja, job order, negara tujuan penempatan, maupun pendataan calon PMI serta informasi perusahaan jasa penyalur apakah resmi atau tidak. Tegasnya (Mul)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close