Breaking News

Jadi Kota Pusaka, Kecamatan Sumbawa Mulai Berbendah

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Kelurahan Seketeng, Buin Ai Awak Kecamatan Sumbawa merupakan salah satu situs cagar budaya di Kabupaten Sumbawa. Namun sayangnya, sebagian bangunannya kini mulai rusak dan nampak kumuh.

Hal tersebut diakui Camat Sumbawa, Drs. Iwan Sopian. Dia mengatakan, semenjak dilaunchingnya program Kota Wisata Kecamatan Sumbawa beberapa waktu lalu, pihaknya sudah mengusulkan untuk melakukan inventarisasir, sejauh mana juga kewenangan yang di berikan kepada kecamatan dan kelurahan tentang pengelolaan situs sejarah dan cagar budaya. Sebab secara hirarkisnya, keberadaan Cagar Budaya masih berada di Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


"Saat ini dari Kecamatan Sumbawa bersama kelurahan dan unsur lainnya melakukan pembersihan beberapa titik Cagar Budaya dan menyosialisasikan kepada masyarakat, berapa pentingnya kita menjaga dan melestarikan situs budaya. Ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap warisan leluhur dan ikut menjaga kearifan lokal Tau Tana Samawa," ujar
Iwan.


Di satu sisi, Iwan juga berencana untuk membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di setiap kelurahan yang mempunyai situs sejarah atau cagar budaya. Nantinya anggota Pokdarwis akan dibekali sesuai Sumber Daya Manusia SDM) yang ada. (Well)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close