Breaking News

Bupati Ajak ASN, Giat Mengikuti Pengajian Rutin dan Perdalam Ilmu Agama.

 


Lombok Timur, (postkotantb.com) - Bupati Kabupaten Lombok Timur H.M.Sukiman Azmy bersama pimpinan OPD dan karyawan/karyawati lingkup kantor Bupati Lombok Timur mengikuti pengajian rutin pada Jumat (2/9/2022).

Pengajian pada pekan pertama bulan september yang berlangsung di masjid Kantor bupati tersebut, juga diisi dengan ceramah agama oleh Tuan Guru H.Hudatullah Muhibuddin Abdul Aziz, MA.

Tuan Guru Hudatullah mengingatkan bahwa, apapun yang diperintahkan Allah SWT wajib dilaksanakan, termasuk menuntut ilmu yang disebutnya sebagai kewajiban bagi muslim dan muslimah.

Tuan guru mengutip sebuah hadits yang berbunyi, “Tuntutlah ilmu itu dari buaian hingga ke liang lahat.” makna dari kutipan kalimat menuntut ilmu di dalam hadits adalah dalam konteks menuntut ilmu secara terus-menerus dan tiada henti, utamanya dalam ilmu agama.

Disampaikan pula oleh Tuan Guru, apapun kedudukan manusia entah sebagai pejabat maupun orang biasa, ilmu agama wajib dipelajari, utamanya ilmu untuk ibadah yang kita lakukan setiap hari. Tuan guru mencontohkan Ilmu shalat yang harus dipahami beserta perangkat-perangkatnya seperti syarat dan rukunnya.

Belajar ilmu agama jelas Tuan Guru, ada yang hukum nya Fardu Ain ada pula yang Fardu Kifayah, seperti shalat disebutnya sebagai contoh ilmu yang wajib dipelajari semua muslim. Sementara puasa, zakat,haji dan umrah tidak wajib bagi semua, melainkan hanya bagi sebagian orang sehingga hanya sebagian orang tersebut saja yang wajib mempelajari hukum-hukumnya, adapun bagi yang lain tidaklah wajib mempelajarinya.

Melaksanakan serta mempelajari ilmu untuk aktifitas tersebut terhitung fardu kifayah. Ilmu agama tidak ada habisnya terang Tuan Guru,karena itu mempelajarinya tidak terbatas waktu.Berbeda dengan ilmu dunia yang cukup dipelajari pada kurun tertentu saja.(Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close