Breaking News

Kesejahteraan Masyarakat Tugas dan Tanggung Jawab ASN.Ini Penegasan Bupati Sukiman

 


Lombok Timur,  (postkotantb.com) - Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) merupakan abdi masyarakat atau pelayan masyarakat, karena itu ASN termasuk pegawai negeri sipil (PNS) memiliki tugas dan tanggung jawab diantaranya untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat, “setelah pengangkatan sumpah ini anda merupakan bagian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur yang dituntut masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” terangnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati di hadapan 476 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengambil sumpah dan janji pada Jumat (2/9/2022) di Gedung Wanita.

Kepada mereka disampaikan pula bahwa kendati menjadi PNS bersamaan akan tetapi perjalanan karir yang akan dilalui tidak selalu sama. Banyak faktor yang menjadi penentu seperti prestasi, sebab dari faktor prestasi menurut bupati sangat menunjang karir seorang ASN.

Selain prestasi, diingatkannya pula bahwa dedikasi dan pengabdian mengambil peran yang tidak kalah penting. Dedikasi dan pengabdian itu adalah untuk masyarakat, bangsa dan negara sebagiamana sumpah dan janji yang telah diucapkan.

Dan yang tidak kalah penting, bupati juga menyebut faktor loyalitas, “loyalitas mutlak kepada tugas dan pimpinan" pesannya.

Terakhir yang juga menentukan perjalanan karir ASN adalah sikap tidak tercela, didalamnya termasuk disiplin, “kalau jam kerja saja tidak bisa dipenuhi, pengabdiannya diragukan,” tuturnya.

Demikian pula dengan perilaku dan aspek-aspek lain yang menjadi nilai dasar (core value) ASN, yaitu “Berakhlak” yang merupakan akronim dari berorientasi pada tingkat pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. Nilai dasar tersebut harus diaplikasikan dalam tugas dan pengabdian.

Pengambilan sumpah dan janji ini sesuai ketentuan Ayat 1 Undang Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menjelaskan bahwa calon ASN diambil sumpah dan janjinya.

Pada kesempatan tersebut sebanyak 476 orang yang berasal dari CPNS Formasi Umum Tahun 2019 dan lulusan IPDN. Dari jumlah tersebut  terdapat 374 golongan III,dan 102 golongan II.  Sementara berdasarkan formasi 273 orang adalah tenaga guru, 71 orang tenaga kesehatan, 93 orang tenaga fungsional lainnya, 33 orang tenaga strategis dan 6 orang alumni IPDN.   (Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close