Breaking News

Bupati Dukung Pengembangan Pariwisata Kawasan Selatan

 



Lombok Timur, (postkotantb.com) - Kawasan Selatan Lombok Timur memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dari sektor pariwisata.

Senin (26/9) Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menerima dua kelompok masyarakat dari Kawasan selatan, yaitu Komunitas Gawah Lauq dan Ekowisata Bale Mangrove. Keduanya diterima bersamaan di Ruang Rapat Bupati Lombok Timur. Turut mendampingi Bupati, Plh. Sekda, Kepala Dinas PUPR, Kadis Priwisata, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Perhubungan, Kepala BPKAD, dan sejumlah OPD terkait lainnya.


Pada kesempatan tersebut, Bupati memastikan akan mengakomodasi kegiatan dan upaya yang diajukan kedua kelompok itu, yaitu penataan dan pengembangan Ekowisata Poton Bako (Ekowisata Bale Mangrove) sebagai salah satu objek wisata dan rencana pelaksanaan Festival Balap Sampan (Komunitas Gawah Lauq) yang akan dilaksanakan di Jerowaru.

Bupati juga memerintahkan kepada seluruh OPD terkait agar segera menyiapkan perencanaan dan penganggaran sebagai dukungan, melalui APBD 2023. Karena itu ia meminta perencanaannya dapat dirampungkan sebelum pengajuan RAPBD 2023 kepada legislatif.

Bupati Sukiman mengapresiasi kedua kelompok tersebut dengan rencana kegiatan masing-masing. Diharapkan rencana dapat mendukung pengembangan wisata melalui peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah ini.


"Semiga kegiatan yang dilaksnaakan dapat menjadi ikon pariwisata Lombok Timur," kata Bupati.

Di sisi lain Sukiman mengingatkan pentingnya menjaga keberlangsungan lingkungan. Terlebih di kawasan yang sudah ditetapkan sebagai Kampung Lobster. Berbagai kegiatan tersebut harus dikelola dengan baik, sehingga menonjolkan kearifan lokal dan memanfaatkan potensi setempat dalam pengorganisasian termasuk branding.

Bupati juga menyinggung penataan kembali Pasar Terapung Jenggik yang kondisinya saat ini disebut kumuh. Dari itu Bupati meminta Dinas Priwisata bersama Dinas PUPR diminta dapat mengelola dan memperindah, serta menyegarkan kembali kawasan yang merupakan pintu masuk Lombok Timur itu.

"Nantinya di sana dapat menjadi rest area yang dilengkapi dengan tersedianya produk-produk UMKM Lombok Timur. Kalau bisa kegiatan ini dapat dilaksanakan dan rampung tahun 2023 nanti," harap dia.(Mul)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close