Breaking News

Helm Bagi Pengendara Motor adalah Penyelamat di Jalan Raya

 


Oleh: DR. dr. Rohadi Sp.BS (K) Dokter Spesialis Bedah Saraf Konsultan RSUD Provinsi NTB/FK Unram Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah NTB


Judul yang kami bikin diatas bukan hanya selogan semata, tetapi dari pengalaman kami selama ini menangani kasus-kasus cedera otak dan tulang belakang, hal tersebut benar adanya. Helm merupakan penyelamat bagi pemakainya dijalan raya dan menurunkan risiko perburukan cedera yang dialami oleh pengendara yang mengalami kecelakaan.

Sebagai latar belakang, kita liat masih para pengendara sepeda motor di Lombok dan sumbawa diwilayah Nusa Tenggara Barat dan hampir seluruh Indonesia yang sangat abai pada keselamatan berkendara dyjalan raya dan tidak taat aturan lalu lintas terutama dikalangan remaja, pemuda dan para pelajar serta usia produktif.

Tidak menggunakan helm saat berkendara motor menjadi kebiasaan yang umum terjadi disekitar kita. Apalagi hanya berkendara ke di sekitar rumah atau jalan sepi, banyak yang mengabaikan dan menyepelekan penggunaan heim Padahal sesungguhnya, helm sangat berfungsi untuk melindungi kepala pengendara motor saat mengalami kecelakaan atau terjatuh.


Beratnya cedera yang dialami pengendara saat kejadian kecelakaan sangat bisa diminimalisasi jikalau kepala diproteksi oleh helm. Banyak orang menyepelekan helm saat berkendara adalah bukti kurangnya pendidikan soal keselamatan berkendara pada orang-orang di negara kita tercinta ini. Disamping itu, pengetahuan dan pemahaman akan risiko yang fatal saat mengendarai motor tanpa helm juga masih sangat kurang.

Padahal, potensi bahaya sangat banyak di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi bagi pengendara Dari uraian diatas sebenarnya bisa ditarik kesimpulan bahwa bila ingin selamat di jalan raya, hukumnya wajib mengenakan helm standar yang bisa melindungi pemakainya.

Bila tidak, pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan dapat mengalami cedera serius di otak bahkan sampai fatal yang berisiko kematian dijalan raya ataupun di pusat pelayanan Kesehatan.

Dengan uraian di atas dapat disimpulkan akan wajibnya penyuluhan soal pentingnya helm harus dimulai sejak dini mulai dari bangku sekolah. Metode tersebut akan membuat masyarakat paham pentingnya helm sejak usia dini. Di samping melindungi tulang kepala saat terjadi benturan, helm standar dengan visor juga melindungi wajah pemotor dari hembusan angin dan material lain yng ada dijalanan.

Visor sangat bisa melindungi bagian wajah dari berbagai tipe potensi bahaya yang ada dijalanan, seperti kerikil yang tiba-tiba terlempar oleh sesuatu hal, debu di jalan raya serta dan binatang kecil yang dapat tidak terlihat. Helm (yang dalam bahasa Belanda: Helm) adalah jenis perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala serta biasanya dibuat dari bahan metal atau bahan keras lainnya, sebagai contoh caviar, serat resin, atau plastik. Helm juga biasanya dipakai sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran militer, atau aktivitas sipil saat olahraga, aktivitas pertambangan, atau berkendara. Helm juga dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari batok kepala akibat benda jatuh atau yang berkecepatan tinggi Mayoritas negara di dunia, helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor, bahkan bagi pengendara sepeda pancal sekalipun.

Di negara kita sendiri juga menerapkan aturan yaitu pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm, namun masih sangat banyak kita jumpai pengendara sepeda motor yang enggan memakai helm dengan berbagai macam alasan, seperti lupa memakai, buru-buru, helm hilang, tidak punya uang untuk membeli helm padahal beli motor mampu, helm malah tidak terbeli dan lain sebagainya, berbagai alasan seperti di atas tentu tidak muncul dengan tiba-tiba, terkadang alasan yang pengendara sampaikan benar adanya, tetapi terkadang tidak jarang ada yang menganggap penggunaan helm itu tidak begitu penting, pola pikir seperti di atas tentu salah sebab terdapat ada beberapa keuntungan memakai helm saat berkendara yaitu :

1. Dapat Melindungi Batok Kepala dari Benturan Saat terjadi Kecelakaan saat berkendara

Bila terjadi benturan dan tiba-tiba kita terpental dari sepeda motor yang sedang melaju sangat cepat. Kemungkinan besar batok kepala kita akan terbentur sesuatu saat mendarat, apakah itu aspal, batu, pagar, pohon, kendaraan lain dan sebagainya. Kita bisa bayangkan jikalau kita jatuh dengan posisi kepala duluan pada benda keras tanpa heim, maka bisa fatal serta menyebabkan kematian tiba-tiba djalan raya Maka bila hal kita tidak inginkan pada diri kita, pada diri anda, dan keluarga anda maka pakailah helm yang dapat meminimalisir efek benturan yang terjadi saat berkendara.

2. Dapat Melindungi Mata dari Angin, Debu, Kotoran serta Benda yang berterbangan dijalan raya

Coba bayangkan anda memacu sepeda motor anda secepat mungkin alias gaspoll tanpa menggunakan helm. Sudah pasti tdak akan nyaman dalam berkendara dengan Cara seperti itu. Banyak ketidaknyamanan yang bisa berujung celaka apabila berkendara sepeda motor tanpa helm yang ada kaca pelindungnya seperti :

- Kelilipan debu serta kotoran sehingga dapat menghalang: pengelihatan dijalanan apalagi malam hari

— Batok Kepala bisa cedera apabila terkena benturan benda keras seperti batu krikil yang terbang

— Bisa merusak paru-paru apabila secara terus-menerus menghirup udara yang bergerak cepat dan sangat kotor

— Muka, leher serta rambut akan kotor serta terlihat berantakan sesampainya di tempat tujuan

3. Kepala bisa terlindung dari Terik Matahari

Bisa anda bayangkan bahwa sengatan sinar matahari secara terus terusan yang mengenai kulit kita dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita Kulit kita bisa terkena kanker kulit yang sangat berbahaya. Disamping itu kulit juga bisa terbakar oleh sinar matahari sehingga akan terasa tidak nyaman bagi pengendara Juga kulit kita pun dapat berubah menjadi lebih gelap / hitam apalagi yang sudah mempunyai kulit gelap yang akan semakin bertambah sehingga akan mengurangi keindahan penampilan kita di depan orang lain.

4. Kepala bisa terlindungi dari Basah Air Hujan

Apabila hujan turun, helm dapat membantu kita untuk membuat kepala, wajah dan rambut kita tetap kering tidak kehujanan Apalagi dengan kombinasi setelan mantel hujan, sepatu bot dan helm cukup dapat menaklukkan hujan ketika berkendara dengan sepeda motor. Pada sebagian orang, area kepala harus tetap kering agar tidak jatuh sakit, sehingga kita akan sangat terbantu sekali oleh helm ketika hujan jatuh secara mendadak di jalan raya. Diwajibkan memakai helm standar, sebab jika menggunakan helm tidak standar seperti helm proyek, bisa kemungkinan untuk basah pada bagian kepala sangat besar serta tidak ada efek proteksinya (*)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close