Breaking News

Konsep Puskesmas Mujur, Jadikan Puskesmas Rumah ke Dua Untuk Sehat (3)

 
Konsep perpaduan pengobatan Medis dan Tradisional dari hulu hingga hilir,hanya ada di Puskesmas Mujur

Perpaduan pengobatan medis dan tradisional di Puskesmas Mujur Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah,di Hulu kini sudah maksimal.Puskesmas Mujur, kini membidik dan membentuk kelompok di hilir yang disebut TOGA, di lima Desa wilayah binaan di kecamatan Praya Timur


SAPARUDDIN

LOMBOK TENGAH


TOGA
Setelah konsep perpaduan pengobatan medis dan tradisional, sukses diterapkan di Hulu atau di Puskesmas Mujur Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah.Kini Puskesmas Mujur di bawah kepala dr IGNB Wirra Parranata membuat kelompok yang di namakan Kelompok pecinta Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Kelompok tersebut tersebar di Lima Desa Binaan masing-masing di Desa Mujur, Sukaraja, Sengkerang, Marong dan Desa Kidang Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah.

"Saat ini kita fokus di Desa Marong dan alhamdulillah sistem pengobatan medis dan tradisional, sudah lancar," Kata ketua program kesehatan tradisional Puskesmas Mujur Kecamatan Praya Timur Lalu Wirekarte, Kamis (22/9).


Membidik satu desa yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Mujur, yakni Desa Marong lanjutnya, biar nanti di Desa Marong ini, akan dijadikan percontohan bagi Desa yang lain, yang masuk di wilayah binaan Puskesmas Mujur. "Prinsip kita dalam mengembangkan pengobatan ini, fokus satu desa terlebih dahulu, setelah sukses baru kita bidik desa yang lain," ungkapnya.

Kenapa ini dilakukan, sebab pihaknya tidak menginginkan hanya sebatas wacana namun bukti yang diutamakan, sehingga dalam melaksanakan konsep ini, pelan tapi pasti.

Selanjutnya, yang direkrut atau masuk dalam kelompok Toga ini adalah,terdiri dari para kader Posyandu, Bidan Desa, termasuk unsur pemerintah Desa dan masyarakat serta unsur pemuda setempat.

"Sukses itu butuh kebersamaan, sehingga kami rangkul semua, terutama pemdes dan para pemuda," ujarnya.

Dikatakan, saat konsep ini di sampaikan kepada para kader, semua menyambut baik, apalagi pengobatan tradisional masih melekat dan yakin mampu menyembuhkan di tengah masyarakat.

Sehingga cepat diterima dan alhamdulillah di Desa Marong sendiri, penanaman obat tradisional sudah mulai dan alhamdulillah malah, masyarakat juga tidak sedikit mulai menanam.

"Yang jelas stok bibitnya kita sudah sediakan,dan siap untuk di kembangkan," tegasnya.


Adapun jenis tumbuhan obat tradisional yang sudah di sediakan Puskesmas Mujur diantaranya, Kunyit, temu lawak berbagi jenis, laos, renggak, jahe merah, hitam, dan beberapa tumbuhan yang lainnya.

Kepada postkotantb.com, melalui WhatsApp nya, kepala dinas Kesehatan Lombok Tengah Dr. Suardi hari ini, datang ke Puskesmas Mujur sebagai Inspektur upacara dan sekaligus datang menikmati minuman, yang diracik berbahan rempah-rempah tradisional.(Bersambung)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close