Breaking News

Monev Bapas Mataram, Pokmas Lipas Diganjar Penghargaan

FOTO: RIN/FT.

Mataram (postkotantb.com)- Luar biasa, Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) mendapatkan penghargaan dari Balai Pemasyarakat (Bapas) Kelas II Mataram.

Penghargaan itu diperoleh berkat partisipasi Pokmas Lipas dalam pelaksanaan program bimbingan kepada klien pemasyarakatan.

Penghargaan tersebut diberikan secara simbolis, melalui penyerahan sertifikat dan bunga hias hasil olahan limbah, karya klien Bapas Mataram dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pokmas Lipas di Lantai 2 Aula Bapas Mataram, Rabu (21/09/2022).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Kanwil Kementerian Hukun dan HAM (Kumham) NTB, serta sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai organisasi di NTB.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pengukuhan kelompok kreatif klien pemasyarakatan Bapas Mataram, PAS Lipas. Dalam sambutannya, Kepala Bapas Mataram, Sudirman, menyampaikan apresiasi atas keterlibatan Pokmas Lipas.

Menurutnya, keberhasilan program tersebut tidak lepas dari kerja sama yang baik dan harmonis antara Bapas Mataram bersama Pokmas Lipas. "Terima kasih kami sampaikan kepada Pokmas Lipas," ungkap Sudirman.

Di sisi lain, dijelaskan Sudirman bahwa PAS Kreatif Lombok merupakan salah satu inovasi Bapas Mataram tahun 2022, dalam bidang bimbingan kemandirian kliennya. Kelompok kreatif ini memiliki banyak kegiatan yang salah satunya adalah pengolahan limbah.

"Mereka mengolah limbah plastik seperti botol-botol bekas menjadi bunga hias yang bernilai jual," bebernya.

Sementara itu, Kadivpas Kanwil Kumham NTB, Maliki, mengapresiasi program PAS Lipas dalam mengolah limbah menjadi barang bernilai rupiah. Seperti bunga hias, produk makanan olahan rumahan dan produk lainnya

Hal tersebut menjadi bukti dari rasa kepedulian Pokmas Lipas terhadap sesama klien Bapas Mataram, yang sekaligus dapat membantu klien untuk bangkit menjadi insan yang lebih baik di masa depan.

"Berkat Pokmas Lipas klien Bapas Mataram dapat bermanfaat, baik bagi dirinya, keluarga dan masyarakat," sanjung Maliki.

"Terima kasih kami ucapkan yang sebesar-besarnya kepada Pokmas Lipas dalam membina anak-anak kami, klien yang sebelumnya sempat melakukan kesalahan hingga saat ini bisa berkarya,"ucapnya.(RED/RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close