Breaking News

Melihat Dari Dekat,Petugas BLUD Puskesmas Janapria Kampanyekan STBM ke Masyarakat

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Karyawan dan stap BLUD Puskesmas Janapria Kecamatan Janapria Lombok Tengah (Loteng), serentak tiada henti terus mengampanyekan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dari kampung satu ke kampung yang lain.

Rabu (21/9) petugas BLUD Puskesmas Janapria mengunjungi Dusun Gulung Desa Lekor Kecamatan Janapria Loteng.

Kepala BLUD Puskesmas Janapria Husnul Ummah S.Kep.Ners mengatakan, sebagai salah satu langkah membantu pemerintah dalam mensukseskan program STBM di tengah masyarakat.

Pihaknya bersama petugas, terus menjadwalkan kunjungan ke masyarakat, agar apa yang menjadi tujuan pemerintah, dalam memberikan kesehatan tercapai.

"Alhamdulillah, bersama petugas kami kompak dan terus mengampanyekan kepada masyarakat,kalau hidup itu harus sehat," jelasnya.

Dikatakan,STBM merupakan program pemerintah dalam mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan, menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku, dan kebiasaan individu atau masyarakat.

Sedangkan tujuan Penyelenggaraan STBM untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Pelaksanaan STBM dalam jangka panjang dipercaya dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik, dan dapat mendorong tewujudnya masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Sedangkan dalam program STBM ini, di titik beratkan pada Lima Pilar, diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga. Pengamanan Sampah Rumah Tangga, Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

Dijelaskan,stop buang air besar di sembarang tempat adalah setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan yang berpotensi menyebarkan penyakit.

Sedangkan Cuci Tangan Pakai Sabun adalah perilaku cuci tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun.
Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, adalah melakukan kegiatan mengelola air minum dan makanan di rumah tangga untuk memperbaiki dan menjaga kualitas air dari sumber air yang akan digunakan untuk air minum, serta untuk menerapkan prinsip higienis sanitasi pangan dalam proses pengelolaan makanan di rumah tangga.

Selanjutnya,Pengamanan Sampah rumah tangga, adalah melakukan kegiatan pengolahan sampah di rumah tangga dengan mengedepankan prinsip mengurangi, memakai ulang, dan mendaur ulang.

Dan yang terakhir adalah, Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga, melakukan kegiatan pengolahan limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sisa kegiatan mencuci,kamar mandi dan dapur yang memenuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan yang mampu memutus mata rantai penularan penyakit.
 
"Sanitasi di lingkungan rumah tangga sudah seharusnya jadi perilaku kita sehari hari,setiap individu dan masyarakat dengan motivasi dan harapan hidup sehat, sehingga mengurangi permasalahan yang dapat ditimbulkan akibat kesehatan; seperti kematian,kesakitan,biaya kesehatan dan yang lainnya," terangnya. (AP)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close