Breaking News

SMKN 1 ALAS Dapat Pendampingan Implementasi Pembelajaran dari BBPPMPV BOE Malang

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK, dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja.

Yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja, dimana output akhir yang ingin dicapai adalah menjadikan SMK sebagai rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak, atau menjadi tempat pusat peningkatan kualitas dan kinerja bagi SMK lainnya.

Selain itu, terdapat pula program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output, seperti yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE)  Malang yang melaksanakan Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP) di SMKN 1 Alas.

Dalam Kegiatan kali ini SMKN 1 Alas dipercayai untuk melaksanakan  Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP) dengan menghadirkan Narasumber dari BBPPMPV BOE Malang, kegiatan ini berlangsung di SMKN 1 Alas pada hari selasa (20/9/2022) dan kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari.

Program SMK Pusat Keunggulan atau SMK PK mengusung tema "sosialisasi kurikulim merdeka" yang dihadiri oleh Drs.Amirono.M.T bersama Endah Damayanti, S.T., .M.T dari BBPPMPV BOE Malang selaku Nara sumber, Kepala Sekolah SMKN 1 Alas Budi Susilo, S.Pd., M.M. Inov, para Kepala Sekolah SMK PK dan Non PK se-kabupaten Sumbawa.

Menurut Drs.Amirono selaku Narasumber dari BBPPMPV BOE Malang mengatakan "implementasi kurikulum merdeka harus dimulai dari perubahan mindset guru dan kepala sekolah, dimana dalam pengimplimentasian kurikulum merdeka harus memiliki tujuan dan dilanjutkan dengan penanaman mindset kepada siswa. Ketika sudah lulus dari sekolah agar tidak pilih-pilih dalam mencari pekerjaan dikarenakan gengsi atau tidak sesuai dengan jalur pendidikan yang sudah dia tempuh sehingga membuat dia kesulitan dalam mencari pekerjaan. Hal ini harus ditanamkan dalam mindset para  siswa agar nantinya mereka dapat bekerja di manapun dan apapun pekerjaan nya setelah kelulusan", papar Amirono.

Lanjut Amirono menegaskan tujuan dari pendampingan terhadap SMKN 1 Alas ini  adalah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka.

"Mengemplimintasikan kurikulum merdeka perlu dilakukan pendampingan pendampingan sehingga arah dan tujuan proses dari pembelajaran di SMKN 1 Alas ini sesuai dengan apa yang sudah di tentukan oleh pemerintah, serta harapan dengan adanya pendampingan ini nantinya SMKN 1 Alas bisa mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan baik dan bisa bekerja sama dengan Pemerintah Daerah maupun pada dunia industri, sehingga potensi potensi yang ada di Kabupaten Sumbawa bisa tercapai dengan baik sesuai harapan pemerintah pusat maupun daerah" papar Amirono.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 1 Alas Budi Susilo mengatakan, "sangat berterimakasih kepada BBPPMPV BOE Malang yang mana SMKN 1 Alas sudah diberi kepercayaan sebagai tempat melaksanakan Pendampingan Implementasi Pembelajaran (PIP). Dimana kegiatan ini di ikuti oleh 6 SMK PK se kabupaten Sumbawa dan SMK non PK dari Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa" tandas Budi Susilo.

Dijelaskan Budi "kegiatan ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami yang mana rekan rekan dari SMK PK maupun Non PK yang bersedia datang untuk belajar bersama sama sama untuk mengembangkan kurikulum merdeka, sesuai dengan harapan pemerintah.

Sehingga SMK PK bisa meningkatkan mutu pembelajaran maupun mutu kelulusan sehingga nantinya alumni SMK bisa langsung bekerja, bisa melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi dan bisa berwira usaha" pungkas Budi Susilo. (Lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close