Breaking News

Dorong UMKM Bangkit, Ketua DPRD Abdul Rafiq Sebar 801 Genset

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq menyalurkan 801 unit genset kepada masyarakat di tiga kecamatan yang bertempat di Desa Luar, Kecamatan Alas, Rabu (13/10/2022).

Dijelaskan Rafiq, perekonomian masyarakat sempat lesu lantaran Covid-19 yang melanda. Karena itu dengan kejadian ini perlu adanya penanganan secara terus menerus agar kondisi ini bisa menjadi stabil kembali.

"Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah membangun sinergisitas melalui program pengembangan dan pemberdayaan Usaha Mikro,yang diorientasikan pada peningkatan produktivitas UMKM/IKM melalui pendanaan usulan Pokir DPRD yang dananya bersumber dari APBD.sehingga terkesan adanya dikotomi antara legislatif dengan eksekutif," papar Abdul Rafiq.


Melalui kesempatan itu Rafiq juga mengaku, sangat memahami apa kesulitan yang sedang dialami oleh masyarakat saat ini akibat terpaan Covid-19. Misalnya sektor ekonomi dan UMKM salah satu yang diserap dan diperjuangkan melalui tupoksi yang ada.

"Karena itu saya hari ini bersama Wakil bupati Sumbawa Hj Novi Noviany menyerahkan secara simbolis mesin genset kepada para konstituen," ujarnya.

Abdul Rafiq menambahkan, bahwa

bantuan ini merupakan aspirasi yang disuarakan sejak tahun lalu oleh masyarakat yang menginginkan sentuhan Pemerintah daerah untuk keberlangsungan usaha mereka pascapandemi Covid-19.

"Inilah jawaban dari aspirasi yang disampaikan mereka kepada kami, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa. Alhamdulillah dapat mengakomodir melalui bantuan genset yang disaksikan langsung oleh wakil bupati Sumbawa bersama jajaran OPD terkait,yakni Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian dan Perdagangan selaku PPK-nya, dan Inspektorat selaku pengawas," urainya.

Adapun ke 9 desa penerima bantuan genset ini yakni Desa Buin Baru Kecamatan Buer, Desa Luar, Desa Labuhan Alas, Desa Baru Desa Juranalas,Desa Dalam Kecamatan Alas, dan ada Desa Gontar, Desa Lekong, Desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat.

"Atas kehadiran Wakil Bupati Sumbawa dalam penyerahan bantuan ini merupakan bukti dan wujud nyata sinergitas yang baik kedua lembaga antara DPRD dan Eksekutif (Pemerintah Daerah) bahwa pelaksanaan program Pemerintah itu adalah satu," ucap pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan itu.


Selain mesin genset, pekan depan dirinya juga akan menyerahkan 240 mesin ketinting.

"Mesin ketinting ini untuk Kelompok Penerima di Desa Pulau Kaung, Desa Labuhan Burung, dan Desa Labuhan Mapin," jelasnya.

Di tempat sama Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengangkat produktivitas para pelaku usaha mikro.


"Alhamdulillah berkat sinergitas antara eksekutif dan legislatif memberikan pelayanan untuk masyarakat melalui bantuan sosial barang yang diserahkan kepada masyarakat lewat aspirasi atau Pokir Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq. Begitu juga dengan eksekutornya yakni Pemda Sumbawa lewat Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, kami harapkan dapat benar-benar membantu produktivitas usaha ekonomi masyarakat," harap Hj. Novy. (Lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close