Breaking News

Hadiri Resepsi Hari Kesehatan Nasional Ke-58, Ini Pesan Bupati Sumbawa

 


Sumbawa Besar,(postkotantb.com) - Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, menghadiri acara Resepsi Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 Tahun 2022, Rabu (30/11/22). Acara yang berlangsung di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa ini mengangkat tema "Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku".

Turut hadiri dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Asisten Bupati, Para Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Kepala Instansi Vertikal Kabupaten Sumbawa serta Kepala BUMD Kabupaten Sumbawa.

Dalam Laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaedi, S.Si., Apt., M.Si., menyampaikan bahwa tujuan peringatan HKN Ke-58 tahun 2022 ini agar menjadi momentum persatuan tekat dan semangat seperti tema kita pada hari ini, membangkitkan semangat untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia, sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat dan pihak swasta agar berperan aktif dalam upaya bidang kesehatan.


Lebih lanjut Kadis Kesehatan menyampaikan bahwa pada tahun 2022 Dinas Kesehatan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) baik DAK fisik maupun DAK non fisik meliputi Biaya Operasinal Kesehatan (BOK), pengadaan alat kesehatan, rehabilitasi ruangan poned pada 12 puskesmas agar sesuai standar, pemenuhan USG 22 Unit untuk puskesmas dan perangkat untuk program Telemedicine, Ambulance 9 Unit untuk Puskesmas, 1 Ambulance desa bersumber dana DAU.

Dengan itu, misi Sumbawa Sehat dan Cerdas menuju Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban berbagai upaya bidang kesehatan yang dilaksanakan baik dengan intervensi spesifik maupun intervensi sensitive yang melibatkan OPD lain dan pihak terkait lainnya membuahkan keberhasilan yang telah diraih yakni berhasil menurunkan kasus kematian ibu, menurunkan kasus stunting, Kab. Sumbawa mencapai 100% Desa STBM 5 pilar. Tutup Kadis Kesehatan


Bupati Sumbawa dalam sambutannya, menyampaikan Apresiasi kepada Dinas Kesehatan yang telah menunjukan kinerja yang cukup baik dan harapan kedepannya agar lebih baik lagi. Kemudian, Tema HKN tahun ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi covid-19, sehingga masyarakat indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar indonesia kembali bangkit dan sehat.

Terkait misi mewujudkan Sumbawa Sehat dan Cerdas sebagai bagian dari visi besar Sumbawa Gemilang Yang Berkeadaban, beberapa program sudah mulai terealisasi sejak tahun 2021 dan terus berproses hingga saat ini, diantaranya pemberian SK dan insentif kepada 800 Tenaga Kesehatan, Ambulance Desa, Pembangunan 3 Puskesmas, Penambahan Sarana dan Prasarana 12 Puskesmas, Pembangunan Rumah Dinas, Rehabilitasi Puskesmas, Pembangunan Pengolah Limbah Puskesmas dan Pengadaan Prasarana Air Bersih Puskesmas. Adapun tahun 2022, telah terealisasi Pengadaan 1 Ambulance Desa, 9 Ambulance Puskesmas, Rehabilitasi 12 Puskesmas dan Rehabilitasi Pustu.

Diakhir Sambutannya, Bupati mengajak kepada seluruh jajaran kesehatan Kabupaten Sumbawa, mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan di daerah yang kita cintai ini." Tutup Bupati (Ari)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close