Breaking News

Pertajam Persyaratan Pemekaran dan Batas Desa, DPRD Sumbawa Berguru ke KLU

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - DPRD Kabupaten Sumbawa bersama dengan Pemerintah Daerah Sumbawa melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU), Selasa (22/11/22).

Kunjungan ini dalam rangka mempertajam pemahaman terkait dengan percepatan penetapan dan penegasan batas desa sebagai bagian dari syarat pemekaran desa. Sehingga sesuai dengan aspek yuridis dan teknis serta proses pemekaran desa dengan perbandingan kaji, tiru terhadap proses percepatan penetapan dan penegasan batas desa dan pemekaran desa di Kabupaten Lombok Utara.


Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq memberikan apresiasi atas sambutan hangat jajaran Pemerintah Daerah Lombok Utara yang telah menerima dengan penuh keramahan.

"Pada saat ini hadir Wakil Bupati Lombok Utara bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lombok Utara, jajaran OPD KLU, Alhamdulillah walaupun hujan pertemuan tetap berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan dengan kunjungan kerja ini membawa dampak positif bagi Sumbawa. Terima kasih kepada Pemerintah Daerah KLU yang telah menerima kami dengan luar biasa mudah-mudahan kalau ada kunjungan kerja ke Sumbawa bisa melayani bapak ibu semua seperti ini," ucap Rafiq membuka pertemuan.


Lanjut Rafiq, dirinya bersama rombongan hadir untuk meniru beberapa program yang ada di Lombok Utara. Salah satunya ingin lebih mempertajam, dan lebih memahami best practice atas keberhasilan Pemda KLU.

"Insya Allah akan diterapkan di Kabupaten Sumbawa dalam melakukan pemekaran-pemekaran desa," jelas pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa ini.

Kemudian lanjutnya, adalah hal penting dilakukan tentang penetapan dan penegasan batas desa.Karena sampai hari ini belum ada satupun batas desa yang diatur dengan aturan yuridis dan teknis melalui peraturan Bupati Sumbawa, demi keberhasilan dalam penetapan dan penegasan batas desa tersebut.


"Mudah-mudahan hasil kunjungan kerja bisa menjadi motivasi kami dalam mengambil langkah-langkah sukses yang telah dilakukan oleh KLU dan juga ilmu yang diberikan diberikan ke optimal mungkin," pungkas Rafiq

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridwan ST.M.Eng, menyampaikan penghargaan dan syukur atas pertemuan tersebut.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, kami mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kedatangan rekan-rekan dari DPRD kabupaten Sumbawa beserta juga dari eksekutif yang melaksanakan kunjungan kerja ke Lombok Utara. Tentu hubungan kerja ini kami harapkan dapat memberikan informasi dua arah, sehingga ada umpan balik yang bermanfaat bagi kedua pihak. Kabupaten Lombok Utara masih terbilang usianya muda dibanding dengan Kabupaten Sumbawa, otomatis membutuhkan pemikiran ide dan gagasan dan inovasi," ucap Wabup.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua III DPRD Sumbawa Nanang Nasirudin SAP.M.M.Inov, Ketua Komisi 1 Saifullah SPd, Kepala Dinas DPMD Rahman Ashari S.Sos.M.S.E, Sekretaris Budi Santoso S.Sos.M.Si, bersama Kabid Penataan Desa dan pemanfaatan Sumber Daya Alam Erma Hadi Suryani ST.M.M.Inov, Kabid Administrasi Pemerintahan Desa Anhuyas M.Si, Kabid Pengembangan Usaha Ekonomi  Kerjasama Desa Hj. Silviana, SE dan jajaran, Ketua FK2D Muhammad Taufiq SP. dan jajaran Kepala Desa. (Lalu/Ruf)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close