Breaking News

9 Cara Memulai Bisnis Online Biar Balik Modal

Ilustrasi bisnis online (photo by Karolina Grabowska: http://www.phexel.com/photo/top view of silver macbook besides a shopping cart and black friday sale signage-5632386/).


Memulai bisnis untuk pemula diwarnai dengan perjuangan serta trial and error dalam prosesnya. Namun, berkat perkembangan zaman dan makin banyaknya pelaku bisnis yang bisa survive di berbagai bidang bisnis, pemula pun bisa mengambil pelajaran dari pengalaman para pionir tersebut.

Salah satu bisnis yang cukup populer dan digemari oleh pelaku bisnis di masa ini adalah bisnis online karena lebih minim modal dan punya peluang balik modal yang lebih besar. Namun, hal itu bisa Anda wujudkan jika Anda mau belajar mengenai cara memulai bisnis online yang tepat!


9 CARA MEMULAI BISNIS ONLINE


Jika Anda adalah pemula di bidang bisnis online maupun bisnis pada keseluruhan, Anda perlu memperhatikan beberapa tips memulai bisnis seperti ulasan di bawah ini!


1. MENCARI TAHU KEBUTUHAN PASAR


Mencari tahu produk dan jasa yang sedang banyak dibutuhkan oleh target pasar Anda adalah langkah yang harus Anda lakukan pertama kali sebelum membangun bisnis online Anda. Hal ini penting sebab target pasar, tentu, akan mencari produk dan jasa yang bisa membuat mereka merasa terbantu.


2. MENJALANKAN RISET PASAR


Riset pasar dijalankan untuk mengetahui data permintaan pasar secara objektif. Anda bisa mencari data ini dengan cara scroll media sosial, kemudian mencocokkan data tren permintaan terhadap produk dan jasa dengan data dari Google Trends untuk melihat seberapa sering kata kunci mengenai produk tersebut dicari oleh warganet.


3. MEMILIH PRODUK YANG INGIN DIJUAL

Setelah melakukan berbagai riset pasar pada langkah sebelumnya, Anda tinggal menentukan produk yang ingin dijual setelah mempertimbangkan antara peluang dan risikonya. Setelah mempersiapakan diri dan memastikan bahwa risiko dan peluang dari produk yang ingin Anda jual sepadan, Anda bisa memutuskan untuk mulai menjualnya.

4. MENENTUKAN HARGA PASAR

Setelah menentukan produk, berikutnya Anda perlu melakukan analisa pasar untuk menentukan target pasar. Anda juga perlu memilih target konsumen yang spesifik agar bisa menemukan data yang tepat, seperti gender, tingkat perekonomian, umur, serta area bermukim agar makin mudah menyasar mereka.


5. MELAKUKAN RISET KOMPETITOR

Melakukan riset kompetitor diperlukan untuk mengetahui kelemahan serta kelebihan dari lawan bisnis Anda dan menerapkannya untuk memperbaiki bisnis Anda sendiri. Anda bisa melakukan riset dengan cara mengecek website kompetitor, media sosial, penilaian terhadap produk kompetitor, atau bahkan mencoba sendiri produk yang dijual kompetitor.

6. MENENTUKAN MODEL BISNIS


Model bisnis adalah cara yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan cuan dari produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk mengetahui hal ini, perusahaan perlu menentukan produknya, cara pemasaran ke pelanggan, biaya yang dibutuhkan, dan metode untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu model bisnis yang populer adalah reselling/dropshipping.


7. MELAKUKAN PROMOSI


Strategi organik tanpa bujet khusus untuk iklan, SEM, SEO, Google My Business, Google Ads, copywriting, giveaway, paid promote, hingga Social Media Ads merupakan beberapa jenis metode promosi yang bisa Anda praktikkan untuk mengoptimalkan pemasaran dari produk yang Anda jual.


8. MEMPERTAHANKAN PELANGGAN


Dalam perjalanan bisnis Anda, Anda juga harus mempertahankan konsumen lama dibandingkan hanya terus-terusan mencari konsumen baru. Anda perlu menjalin hubungan baik dengan cara memberikan diskon, harga promo, memberikan bonus di setiap pembelian, hingga mengirim katalog dan update harga atau promo melalui akun pelanggan.


9. MENGEVALUASI BISNIS SECARA RUTIN


Meskipun Anda sedang sibuk mengelola bisnis yang sedang berkembang dan menangani banyak permintaan pasar, Anda tidak boleh lengah dan melupakan fakta bahwa setiap bisnis akan mengalami masa-masa surut. Oleh karena itu, Anda harus rajin melakukan evaluasi demi meningkatkan kualitas usaha Anda.

Itulah beberapa cara buka toko online yang bisa Anda praktikkan sendiri agar usaha Anda bisa balik modal. Jika Anda memiliki modal yang minim untuk mendirikan kanal bisnis Anda sendiri, Anda bisa memutuskan untuk bergabung dengan online marketplace yang telah memiliki trafik tinggi dan basis pelanggan yang berkembang, seperti Blibli.

Di Blibli, Anda bisa menjadi penjual yang mendapatkan untung besar berkat penawaran menarik dari Blibli, seperti bonus modal promo berupa saldo Bliklan dengan nominal hingga Rp5,4 juta untuk penjual yang melakukan pendaftaran di bulan Desember, biaya kirim dan asuransi yang ditanggung oleh Blibli, ketiadaan deposit dan denda, serta layanan penjual yang buka setiap hari melalui Live Chat, email, dan telepon dari pukul 8 pagi hingga 10 malam.
 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close