Breaking News

Cegah DBD, Kelurahan Brang Bara Bersama Tiga Pilar Lakukan Penyemprotan Fogging

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com ) -
Pemerintah Kelurahan kelurahan Brang Bara bersama Tiga pilar  melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, melakukan penyemprotan cairan insektisida lewat metode pengasapan atau fogging Senin (09/01/2023) .

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di kelurahan Brang Bara kecamatan Sumbawa.


Pelaksanaan fogging yang menyasar lingkungan tempat tinggal di sebagian, yang  melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten sumbawa, serta masyarakat sekitar.

"Fogging menjadi langkah awal yang dilakukan, terutama di lingkungan Asrama lama RT 02/02 Koramil 1607-01  Sumbawa kelurahan Brang Bara yang teridentifikas satu warga , untuk mencegah kasus DBD.



Yang paling utama dalam kaitan pencegahan adalah memperhatikan kebersihan dengan melakukan 3M," terang Lurah Brang Bara yang di wakili seklur Putera wijaya ningrat S.Ap di dampingi  Babinsa Serma Andi Cadarsa dan Bhabinkamtibmas Bribka Jono ,dalam kegiatan monitoring Fogging ,di tengah kesibukannya mengatakan.

Cara sederhana namun efektif dalam mencegah penularan demam berdarah adalah dengan melakukan PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan strategi 3M Plus yaitu 1. menguras,membersihkan dan menyikat tempat penampungan air seminggu sekali 2.

Menutup rapat tempat penampungan air 3. mengubur dan memdaur ulang barang bekas yang berpotensi menimbulkan genangan air. Sedangkang Plusnya adalah menaburkan bubuk Larvasida serta memelihara ikan pemakan jentik nyamuk dalam bak-bak penampungan air yang sulit dibersihkan,menggunakan lotion anti nyamuk dan lain-lain.


Kasus demam berdarah cenderung meningkat di sekitar bulan Desember dan Januari karena bersamaan dengan musim hujan. Oleh karena itu,Lurah Brang di wakili seklur Putera wijaya ningrat menghimbau dan mengajak kepada masyarakat melalui Ketua RW, Ketua RT dan kader kesehatan yang ada di setiap RW agar terus digiatkan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3M Plus. (Well)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close