Breaking News

Dukung Program Zero Waste, SMPN 1 Utan Programkan Eco Waste Bank

 


Sumbawa besar, (postkotantb.com) - SMPN 1 Utan, Kabupaten Sumbawa memprogramkan Eco Waste Bank. Program ini bertujuan, selain mendukung program Zero Waste Pemprov NTB, juga untuk mengajarkan para siswa untuk hidup bersih dan sehat.


"Limbah botol dan gelas plastik dikumpulkan per kelas kemudian sekolah membeli 50 gelas atau botol plastik dengan harga Rp 1000. Setelah terkumpul banyak, limbah plastik sebagian dikelola menjadi produk kreatif dan sebagian lagi dijual ke pengepul sampah plastik," ujar Koordinator Program Eco Waste Bank, Nurhidayati yang ditemui di sekolah, Selasa (10/1/2023).


Dirinya mengakui bahwa saat ini para siswa belum semua disiplin mengumpulkan sampah plastik di sekolah. Namun pihak sekolah melakukan program ini melalui pembiasaan kepada siswa.

"Jika dilakukan setiap hari, kita harap akan menjadi karakter yang melekat pada siswa. Sehingga kelak menjadi siswa berahlak peduli kepada diri dan lingkungannya," tuturnya.

"Salam Clean dan Green," tambahnya


Drs. Solihin Wakasek Humas SMPN 1 Utan


Sementara Wakasek Humas SMPN 1 Utan, Drs Solihin menyatakan kekhawatirannya masalah sampah di Kecamatan Utan. Rencananya setiap Minggu sore tetap dicanangkan di Taman Utan dan Taman Wisata Bendungan Beringin Sila Utan serta di wilayah Pantai Kecamatan Utan.

"Saat ini masih kita lihat juga sampah dibuang sembarangan, seperti di Jembatan Gantung Utan. Itu wilayah Desa Motong dan Desa Tengah Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa, itu merupakan cagar budaya perlu dijaga. Di sekitar jembatan juga harus dijaga kebersihannya," ajaknya.


Di sisi lain dia berharap, kepada Pemda Kabupaten Sumbawa, melalui Dinas terkait untuk bisa diadakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa, yang merupakan 10 program unggulang Pemerintahan Haji Mo-Novi Sumbawa Gemilang yang Beradaban dan Juga Program Pemprov NTB Gemilang. (Anto/red)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close