Breaking News

Sederet Upaya Saurim Lima Tahun Kedepan Menuju Desa Batu Jangkih "Bahagia"

 


Saurim.S.Ip Kepala Desa Terpilih Batu Jangkih

Lombok tengah, (postkotantb.com) - Sebagai wilayah jalur perlintasan yang sangat strategis. Desa Batu Jangkih Praya Barat Daya Lombok Tengah  masih banyak perlu pembenahan.

Dimasa kepemimpinannya, Saurim S.Ip, Kepala Desa Terpilih periode 2022-2026 canangkan visi Batu Jangkih " Bahagia ".

Bahagia dimaksud (Beriman, sejaHtera, Giat, dan Aman). Disambangi dikantornya, senin (09/01/2023), Saurim memaparkan beberapa program unggulan yang akan dijalankan. Terutama pengembangan dalam bidang pertanian, peternakan, dan wirausaha.

" Diawal kepemimpinan, saya akan lakukan pembenahan dulu, tatakelola sistem manajemen pemerintahan, peningkatan kapasitas SDM seluruh aparatur, dan inventarisir segala potensi yang datangkan PADes, supaya semua by data," kata Saurim.

Pria yang energik dan sosial tersebut, ingin memulai dengan mempermak bangunan dan fasilitas Kantor Desa. ia nilai, kantor sebagai wajah Desa yang menjadi kesan pertama jika orang datang.

" Saya akan buat pintu gerbang, dan didepan tampak arsitektur lumbung tampilkan identitas sasak," ujarnya.

Lebih jelas, Saurim menerangkan implementasi "Bahagia" titikberatkan sektor pertanian, peternakan, dan wirausaha. Yang rata-rata jadi mata pencaharian warga.

"Pariwisata tentu tidak ketinggalan, Daerah perbukitan nilai plus untuk diexplore, panorama alam, pemandangan sawah-sawah terasering, sampai penginapan berpeluang besar gaet wisatawan," imbuhnya.

Dibidang peternakan, pengembangan budidaya hewan ternak baik sapi dan unggas cukup menjamin. Pihaknya bisa mengajak peternak kerjasama bagi hasil, bisa saja Pemdes bantu lewat permodalan.

Begitupun wirausaha, geliat masyarakat berUMKM sangat tinggi. Hampir disepanjang jalan telah berjejeran toko-toko aneka usaha. Pendayagunaan Bumdes akan dimaksimalkan dalam pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan komoditi perdagangan.

"Kehadiran koperasi juga perlu dioptimalkan sebagai langkah intervensi, untuk bisa saling menguntungkan demi keejahteraan dan kemajuan bersama," ujarnya.

Namun, mendukung itu semua, hal mendasar yang harus dipenuhi antara lain Pertama, peningkatan kualitas SDM aparatur jadi penunjang utama. Saurim sacara intens akan bekali dengan pelatihan-pelatihan.

" InsyaAllah kami berencana akan laksanakan sistem timesit bagi aparatur, dan sekaligus jadi acuan penggajian mereka, yakni penghasilan berbasis kinerja, dimana setiap pegawai hingga Kadus wajib laporkan peran dan fungsinya secara berkala, bentuk pertanggung jawaban, kalau kerjanya baik kami juga sudah siapkan bonus, melahirkan kompetisi positif, berujung pelayanan prima kepada masyarakat, " paparnya.

Kedua, terpenting faktor vital adalah bagaimana tersedianya sarana jalan yang memadai. Karena keberadaan akses jalan begitu krusial menghubungkan wilayah antar Dusun. Sehingga laju setiap aktifitas baik ekonomi, pertanian, pendidikan, dan kesehatan lancar.

" Ketika jalan bagus, distribusi hasil tani, keperluan rumah tangga, anak-anak sekolah, hingga mau berobat jadi mudah dan cepat," dambanya.

Persoalan seperti kemiskinan, putus sekolah, kesulitan mendapat kesehatan atau pekerjaan, angka stunting, kematian ibu dan anak, pernikahan dini dan lainnya sambil jalan semua sudah dipikirkan untuk diminimalisir lewat solusi kongkrit.

Beberapa regulasi kedepan, Saurim akan merevitalisasi pasar Batu Jangkih agar bisa jadi pusat pergerakan ekonomi. Pengelolaan sampah guna lahirkan lingkungan Desa asri dan bersih. Meningkatkan serapanpajak. Pemberdayaan pemuda dengan kegiatan positif semacam lomba sepak bola.

Upaya memakmurkan masjid. Mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan lewat lomba-lomba seperti tilawatil qur'an. Mendorong kehadiran TPQ, pemberian intensif merebot dan guru ngaji. Perhatikan anak yatim, dan komitmen tuntaskan angka stunting lewat kesiapan alokasi anggaran.

Menjamin keberlangsungan eksositem diatas secara berkelanjutan. Tentu posisi BKD (Badan Keamanan Desa) jadi garda terdepan. Pasukan pengaman inipun jadi atensi berkolaborasi bersama Babiinsa serta Babinkamtibmas.

" Keseluruhan progres diatas pastinya akan kami bentengi dengan Perdes jadi payung hukumnya, cegah masalah dan hambatan, sehingga aman dan kuat," jelasnya.

Diharapkan, suluruh elemen dapat bekerjasama saling berkolaborasi realisasikan cita-cita bersama. Karena disadari sebaik apapun rencana yang dibuat tidak bisa dilakukan sendiri melainkan dengan berjamaah. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close