Breaking News

Bupati Sumbawa Buka Secara Resmi Festival Seni Qasidah dan Bintang Vocalis Tingkat Kabupaten.

 



Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, membuka secara resmi Festival Seni Qasidah dan Bintang Vokalis tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2023, di Auditorium Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa, Rabu malam (22/02/2023).



Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, membuka secara resmi Festival Seni Qasidah dan Bintang Vokalis tingkat Kabupaten Sumbawa tahun 2023, di Auditorium Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa, Rabu malam (22/02/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD LASQI Kabupaten Sumbawa ini turut dihadiri Ketua Umum Lasqi Kabupaten Sumbawa, para Anggota Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah, dan Kepala Bagian Lingkup Pemkab Sumbawa, Rektor Unsa Sumbawa.


Festival ini berlangsung dari tanggal 22-25 Februari 2023 dan diikuti sebanyak 91 peserta lomba dari 20 Kecamatan se-Kab. Sumbawa, dengan 11 kategori yakni Qasidah Dewasa Putra Putri, Qasidah Remaja Putra Putri, Qasidah Umum, Bivo Dewasa Putra Putri, Bivo Remaja Putra Putri, Bivo Anak Putra Putri
Ketua Umum DPD Lasqi Kab. Sumbawa.

Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah, SE., dalam laporannya menyampaikan penyelenggarakan kegiatan ini merupakan wadah untuk memperkenalkan kepada masyarakat dan mewariskan kepada generasi muda akan ketinggian dan keluhuran seni budaya islami yang saat ini mulai terkikis oleh budaya modern.

"Kegiatan ini juga kedepannya akan kami agendakan sebagai program tahunan dalam rangka mensyi'arkan seni budaya islami dan daerah, sekaligus sebagai ajang seleksi dan menjaring potensi seniman Lasqi berbakat yang akan menjadi Duta Kab. Sumbawa pada festival seni qasidah tingkat provinsi maupun nasional", papar Sovia Noniantry.


Dengan ini, dia berharap ke depan DPK Lasqi di tingkat Kecamatan dapat membentuk wadah pembinaan di tingkat-tingkat desa maupun kelurahan, agar seni Qasidah ini dapat terus kita kembangkan dan lestarikan, dan kepada Pemda serta pihak-pihak terkait lainnya untuk terus mensuport Lasqi Sumbawa dalam ikhtiar pelestarian seni budaya islami dan daerah.harpanya.

Muara dari semua ini tidak lain adalah untuk mewujudkan masyarakat Sumbawa yang Berkeadaban, yang identik dengan nilai-nilai religius, serta senantiasa menjunjung tinggi falsafah "Takit Ko Nene Kangila Boat Lenge"

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih, kepada DPD Lasqi Kabupaten Sumbawa beserta segenap panitia penyelenggara, atas pelaksanaan kegiatan yang sangat menarik, menghibur sekaligus mengedukasi ini.

Sehingga diharapkan generasi muda islami akan termotivasi untuk melestarikan seni budaya islami yang dewasa ini hampir punah tergerus zaman, lanjut
Pemerintah Daerah dalam hal ini akan terus mensupport DPD lasqi Kab. Sumbawa dalam ikhtiar mensyi'arkan seni dan budaya islami. Sebab seni berperan sebagai media dakwah yang efektif, yang memiliki dampak luas untuk mensyi'arkan nilai-nilai islam yang damai.


"Seluruh peserta agar senantiasa menjaga adab dan perilaku, hindari hal-hal yang dapat merusak citra dan menodai makna seni qasidah itu sendiri" pesan Bupati.

Terakhir, mudah-mudahan di tahun ini, kafilah Kab. Sumbawa kembali dapat berjaya pada festival seni Qasidah tingkat Provinsi NTB yang akan digelar di Kab. Sumbawa pada bulan juni mendatang, dan pada festival seni Qasidah tingkat nasional yang akan digelar di Medan Sumatera Utara pada Bulan Oktober mendatang,” tutup Bupati. (Anto)

  

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close