Breaking News

Bupati Sumbawa Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Bersama Menteri Dalam Negeri RI


Bupati Sumbawa Drs.H.Mahmud Abdullah beserta Sekda, Asisten, Kabag, Kapolres, Dandim, dan Opd terkait mengikuti Rapat Koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri Prof.Drs.H. Muhammad Tito Karnavian, M.A.,Ph.D, yang digelar Rabu, (08/02/2023) melalui video conference


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Bupati Sumbawa Drs.H.Mahmud Abdullah beserta Sekda, Asisten, Kabag, Kapolres, Dandim, dan Opd terkait mengikuti Rapat Koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri Prof.Drs.H. Muhammad Tito Karnavian, M.A.,Ph.D, yang digelar Rabu, (08/02/2023) melalui video conference

Dalam Laporan Badan Pusat Statistik melalui video conference menyampaikan bahwa inflasi Januari 2023 mencapai 0,34% secara bulanan, sedangkan secara tahunan tingkat inflasi tercatat mencapai 5,28 persen,  menurut kepala BPS Margo Yuwono tingkat inflasi awal tahun ini disebabkan oleh komponen harga pangan bergejolak dominan seperti beras cabai merah, ikan segar dan cabe rawit


BPS mencatat inflasi Januari 2023, keempat komoditi tersebut relatif lebih tinggi dibandingkan inflasi bulan lalu kenaikan inflasi tertinggi terjadi pada cabai merah di mana pada Desember 2022 tingkat inflasi sebesar 2,34 persen angka ini naik menjadi 10,90 persen pada Januari 2023.

Komoditas penyumbang lainnya yakni ikan segar pada Januari 2023 inflasinya mencapai 1,39 persen angka ini naik dari bulan sebelumnya yang hanya 1,13 persen namun angka ini menurun jika dibandingkan dengan Januari 2022 sebesar 1,43 persen.

Terakhir komoditas pangan yang menyumbang inflasi pada awal tahun ini yakni beras inflasinya 2,30 dan andilnya 0,07 demikian inflasi beras di bulan Januari 2003 dibandingkan Januari 2022 di mana saat itu Januari 2022 terjadi inflasi sebesar 0,94 andilnya kepada total inflasi sebesar 0,03," ujar Kepala BPS.

Mendagri dalam kegiatan Rapat Koordinasi tersebut mengingatkan Agar inflasi seluruh kepala daerah untuk berupaya menjaga kestabilan harga komoditi penyumbang inflasi terbesar seperti beras dan minyak goreng. Menteri Tito juga meminta para Kepala Daerah untuk menyusun skenario kebijakan yang mengarah pada pengendalian inflasi, sehingga fluktuasi inflasi tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Seusai melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Bupati Sumbawa melakukan dengar pendapat tentang harga kebutuhan bahan pokok berupa beras, bawang merah,bawang putih, minyak goreng, cabe rawit, cabe keriting ikan dan daging, Bupati berharap kepada dinas terkait agar harga berupa kebutuhan bahan pokok terus dipantau agar tetap stabil," tutupnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Sumbawa Dedi Heri Wibowo.S.Si.,M.Si mengatakan, dalam menghadapi kenaikan harga bahan pokok pemerintah melakukan operasi pasar bekerjasama dengan Bulog, saat ini ketersediaan beras di Bulog sebanyak 3.200 ton, jadi setiap hari Bulog menggelontorkan beras sebanyak 7 ton ke pasar - pasar tujuannya adalah bisa menekan harga yang dimainkan oleh para spekulan, Apabila ada pengusaha yang menimbun beras maka kita akan lakukan tindakan tegas terhadap pengusaha tersebut.papar Kadis


Untuk minyak goreng kemasan merk kita, pemerintah terus bekerja sama dengan Bulog untuk stabilkan harga, eceran tertinggi 1 kilo 14.000 minyak kita, bimoli 20.000 dan minyak curah 18.000. untuk cabe merah dan Bawang merah yang merupakan salah satu yang mendorong inflasi,  karena terkendala cuaca, dan produksi yang menurun itulah penyebabnya harga kebutuhan tersebut meningkat serta mengalami kenaikan harga. Sedangkan dari pantauan harga daging ayam maupun daging sapi relatif stabil," terangnya. (Ari)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close