Breaking News

Pemda Lombok Utara Gelar Lomba Teknologi Tepat Guna Tahun 2023.

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Pemerintah daerah melalui Dinas DP2KBPMD KLU menggelar Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2023 yang di buka langsung oleh Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi S.STP, MM bertempat di Halaman Kantor Dinas P2KBPMD (27/02/2023).

Kegiatan Lomba ini sebagai tindak lanjut dari surat kepala badan pengembangan dan informasi Desa DTT Kementerian Desa PDTT RI Nomor 36/BPI.01.02/1/2023  tentang  lomba Teknologi Tepat Guna ( TTG) Tingkat  KLU Tahun 2023 dengan tema “Melalui Pemberdayaan Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Kreatifitas dan Inovasi Daerah Untuk Teknologi Tepat Guna Yang Lebih Berkualitas Menuju Lombok Utara Berdaya Saing”.

Hadir juga Kabid Litbang Brida Provinsi NTB Lalu Suryadi, Para Kepala PD KLU, para camat, serta undangan lainya.

Dihadapan para peserta lomba Sekda Anding Duwi menyampaikan perlombaan gelar TTG sebagai kegiatan tahunan pemerintah daerah yang bertujuan untuk memasyarakatkan inovasi-inovasi hasil kreativitas dan rancangan karya masyarakat di Lombok Utara.

"Perlombaan ini menjadi ajang promosi dan pertukaran informasi pengembangan serta pemanfaatan TTG  untuk kebangkitan dan memajukan ekonomi masyarakat yang ada di desa," ujarnya.

Banyaknya jumlah  TTG yang dilahirkan oleh masyarakat terutama anak-anak muda menunjukkan Lombok Utara sebagai daerah yang memiliki banyak potensi dan memiliki karya cipta teknologi.

"TTG yang dilombakan adalah teknologi yang benar-benar dapat memberi manfaat nyata bagi kepentingan masyarakat umum," jelasnya

 Para peserta lomba dari masing-masing kecamatan ataupun desa akan jauh lebih baik jika teknologi yang dilombakan adalah karya cipta yang memanfaatkan sumber daya atau kekayaan alam dan sektor-sektor unggulan yang dimiliki di wilayah masing-masing.


Teknologi tepat guna yang telah diciptakan harus disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, sehingga warga kita bisa memanfaatkan dan memiliki kesempatan untuk mandiri dan para inventor supaya membuat TTG yang sederhana, mudah, dan praktis, artinya teknologi yang memang dibutuhkan oleh semua orang untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

"Pesan saya  pada para peserta yang ikut dan nanti siapapun yang terpilih menjadi juara mampu bersaing ke tingkat Provinsi dan tingkat Nasional,"ucapnya.

Ditempat yang sama Kabid Litbang Brida NTB Lalu Suryadi mengatakan tujuan dari Lomba TTG  untuk mengembangkan inovasi  demi kemajuan daerah khusunya Lombok  Utara, aspek penilaian dalam Lomba TTG  yakni aspek kebaikan mutu kehidupan Masyarakat, aspek ekonomi, aspek teknis, aspek peningkatan potensi daerah seperti kearifan Lokal.

“Para peserta untuk jujur dalam mempresentasikan  hasil karya di depan para dewan juri karena yang mendapatkan juara nantinya juga akan bersaing di tingkat provinsi,"pintanya.

Sementara itu Plt. Kadis P2KBPMD KLU  H. Syahabuddin,SE  menjelaskan  bahwa Gelar Teknologi Tepat Guna merupakan salah satu upaya strategis dalam menyebarluaskan mengenai informasi dan pengembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menjawab permasalahan serta terobosan untuk menghasilkan inventor muda baru yang berasal dari masyarakat KLU sendiri. Keberadaan TTG dapat memberikan nilai tambah untuk aspek ekonomi dan lingkungan hidup.

Lomba TTG terakhir kita laksanakan tahun 2019 dimana para pesertanya waktu itu mewakili Lombok Utara di lomba TTG tingkat provinsi dan menjadi juara umum dan mewakili Provinsi NTB di Lomba TTG tingkat nasional.

Selain itu juga keberadaan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) menjadi Posyantek terbaik dan sebagai percontohan di provinsi.

Ketua panitia lomba TTG Baiq Rahmawati melaporkan bahwa lomba i dilaksanakan selama satu hari , dengan jumlah peserta sebanyak 17 inventor yang terdiri dari masyarakat umum dan siswa SMKN di KLU. Dengan adanya lomba TTG akan muncul temuan atau inovasi yang dapat memberikan nilai tambah, baik kualitas maupun kuantitas.

Adapun daftar nama temuan atau inovasi TTG  yang di perlombakan  tahun 2023 yakni alat untuk menyaring minyak goreng kelapa  dan VOC, alat kacip mete, baju elektrik, lem birahi perangkap hama, plastik kelapa, pengupas kulit kelapa, kerajinan ayaman bambu, aplikasi di hp dan laptop, mesin pemotong komputerisasi,mesin rosting sangrai kopi, kran air otomatis, diagnosa mandiri penyakit diare pada anak,pengolah sampah plastik,tong cuan,penabur pupuk manual, spyaer cuci motor, dan pelubang mulsa sederhana.(@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close