Breaking News

SMKN 1 Alas Fasilitasi 200 Nelayan Sumbawa untuk Mengikuti Diklat Gratis dari PIP Makasar

 



Direktur PIP Makasar, yang diwakili oleh Ir.Muh.Syuaib Rahman,M.Mar.E Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makasar memberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) keselamatan dan kecakapan melaut kepada para 200 nelayan di Kabupaten Sumbawa.berlangsung di Aula SMKN 1 Alas. Senin, (27/02/2023).


Sumbawa Besar,(postkotantb.com) – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makasar memberikan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) keselamatan dan kecakapan melaut kepada para nelayan di Kabupaten Sumbawa.

Dalam pelaksanaannya, PIP Makasar menggandeng SMKN 1 Alas, salah satu SMK Unggulan di Kabupaten Sumbawa. Diklat yang berlangsung di Aula SMKN 1 Alas Kabupaten Sumbawa selama enam (6) hari. Terhitung dari Senin 27 Pebruari hingga 5 Maret 2023 mendatang.

Selama Diklat, peserta akan dibekali dengan ilmu dasar keselamatan kapal tradisional (BST Kapal Layar Motor) serta kecakapan kapal tradisional penangkap ikan dengan pelayaran maksimal 60 mil (SKK 60).

Direktur PIP Makasar dalam hal ini diwakili oleh Manager Diklat Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar bersama 7 rekannya.

”Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini, peserta yang lulus akan memperoleh surat keterangan telah mengikuti pelatihan dan sertifikat,” ungkap Direktur PIP Makasar, yang diwakili oleh Ir.Muh.Syuaib Rahman,M.Mar.E
Manager Diklat Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar Senin, (27/02/2023).

Syuaib menjelaskan, diklat pemberdayaan masyarakat ini merupakan amanat Presiden RI. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2014 tentang percepatan pembangunan daerah tertinggal dan Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 2012 tentang sumber daya manusia di bidang transportasi.


Kegiatan bertujuan untuk melaksanakan amanat Peraturan Presiden nomor 56 tahun 2018 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional program pemerataan ekonomi melalui pendidikan, pelatihan vokasi di bidang pelayaran.

”Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa atas kesediaannya mendukung pelaksanaan diklat. Terimakasih kepada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Badas Sumbawa, serta SMK Negeri 1 Alas yang membantu dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” tandasnya.

Sementara Kepala SMKN 1 Alas, Budi Susilo, S.Pd, MM.Inov mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari bakti SMK untuk masyarakat. Dalam hal ini, SMKN 1 Alas memfasilitasi nelayan di Sumbawa dengan PIP Makassar. Dengan begitu, kehadiran SMK dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Diklat 6 hari itu bertujuan untuk mengembangkan wawasan peserta dalam bidang Basic Safety Training (BST) kapal layar motor dan SKK 60 mil.

Peserta pelatihan terdiri dari nelayan yang tersebar mulai dari Labuhan Mapin, Pulau Bungin, Pulau Kaung, Labuhan Bajo dan Pulau Medang. ”Total 200 orang peserta,” tutup Budi sapa akrab kepala SMKN 1 Alas itu.
Usai acara oleh Direktur PIP Makasar   di Dampingi Kepala SMKN 1 Alas menyerahkan Topi dan Edecard kepada dua orang peserta Diklat. (Lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close