Breaking News

Tanggap Darurat: Wabup Dewi Noviany dan OPD Turun Langsung ke Lokasi Terdampak Banjir Empang dan Tarano

 


Wabup Hj. Dewi Noviany saat menyerahkan langsung bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Empang dan Tarano.Minggu,(26/02/2023).


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M.Pd., Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa serta beberapa Kepala Perangkat Daerah melakukan tinjauan langsung ke beberapa titik yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Empang dan Tarano, Minggu (26/2/2023).

Banjir yang disebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi pada Sabtu kemarin telah menyebabkan Sungai Lagenti meluap dan menerjang pemukiman warga. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun banjir tersebut telah menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Empang dan Tarano terendam.


Banjir juga mengakibatkan puluhan hektar sawah milik warga rusak dan akses jalan terputus.
Adapun desa yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Empang yaitu Desa Empang Atas, Empang Bawah, Bunga Eja, Ongko, Pamanto, Jotang, Jotang Beru, dan Desa Gapit. Selain itu, terdapat 3 desa di Kecamatan tarano yang juga ikut terdampak banjir, yaitu Desa Labuhan Bontong, Bantu Lanteh, dan Desa Banda.

Wakil Bupati Sumbawa di sela-sela kunjungannya mengatakan, meluapnya Sungai Lagenti akibat tingginya sedimentasi di sungai tersebut. Namun, Wabup menyebut rusaknya vegetasi hutan di Kecamatan Empang dan Tarano menjadi penyebab utama banjir bandang yang hampir selalu terjadi setiap tahunnya atau banjir langganan.


Untuk itu, Wabup meminta seluruh masyarakat untuk gencar melakukan reboisasi hutan yang sudah dieksploitasi untuk kegiatan pertanian. “Reboisasi harus mulai gencar dilakukan, kalau tidak, maka kita akan terus menerus dihantui banjir seperti ini setiap tahun. Merawat dan menjaga hutan adalah tugas kita bersama” ungkap Wabup.
Pada kesempatan tersebut, Wabup menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Empang dan Tarano. (Red)
 
 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close