Breaking News

Dompu Ukir Sejarah Baru di  Porprov XI 2023

 



Ketua KONI Dompu, Kader Jaelani (baju kuning) bersama pengurus KONI Dompu memegang piala bergilir Porprov usai acara penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB di GOR 17 Desember Turida Mataram, Minggu (26/2/2023)


Mataram, (postkotantb.com) -
Torehan medali emas kontingen Kabupaten Dompu di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB benar-benar di luar ekspetasi. Bagaimana tidak, kontingen yang dipimpin Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar ini berhasil menyodok ke posisi dua besar dari semula berada di posisi tujuh, tiba-tiba melejit naik diperingkat dua regional NTB, menggeser posisi Sumbawa yang sebelumnya berada di posisi dua terjun bebas diperingkat empat.

Sementara posisi juara umum diraih Kontingen Kota Mataram dengan mendulang 151 medali emas,  101 perak dan 83 perunggu. Sedangkan Kabupaten Dompu berhasil menggondol 43 medali emas, 53 medali perak dan 64 medali perunggu.

Disusul Lombok Timur (Lotim) di peringkat tiga dengan meraih 41 emas, 51 perak dan 67 perunggu. Perolehan 43 medali emas ini menempatkan Dompu diperingkat dua perolehan medali emas dari 10 kabupaten/kota yg ambil bagian di 35 cabor yang dipertandingkan.

Medali emas terbanyak Kabupaten Dompu diraih dari cabor tarung derajat 7 medali emas.Kemudian  tinju 4 emas, muay thai 4 emas, panjat tebing 3 emas dan atletik 3 emas. Kemudian tambah 2 emas dari pencak silat 2 emas, panahan 2 emas, selancar ombak 2 emas, kick boxing 2 emas, kurash 2 emas dan sepatu roda 2 emas. Selanjutnya tambahan masing-masing satu medali emas di cabor biliar, balap motor, dram band, tenis meja, balap sepeda BMX dan wushu.

Ketua Kontingen Dompu, Andi Bachtiar mengatakan, perolehan medali emas Kabupaten Dompu di ajang multi event olahraga tingkat regional NTB ini merupakan perolehan medali emas terbanyak sepanjang sejarah.Pasalnya pada Porprov NTB tahun 2018 Dompu meraih 37 emas  dan bertengger diposisi ke tiga.Itu artinya Dompu berhasil meningkatkan prestasi di ajang multi event olahraga regional NTB tahun ini.

"Alhamdulillah Kabupaten Dompu berhasil meraih 43 medali emas dan masuk peringkat dua besar" ucapnya.

Peningkatan prestasi Dompu pada Porprov XI diakuinya sangat mengejutkan, sebab satu hari sebelum penutupan Porprov XI NTB posisi Dompu masih berada di peringkat 6 dengan perolehan 34 medali emas. Namun di hari akhir Porprov, perolehan medali Kabupaten Dompu naik melampaui empat kabupaten yang berada diperingkat dua, tiga, empat dan lima.

Peningkatan posisi Dompu di hari akhir membuat empat kabupaten/kota geleng-geleng kepala. Mereka terkejut melihat posisi Dompu  yang  tiba-tiba bergeser naik diperingkat kedua, menggeser posisi Sumbawa, Lotim, Kota Bima dan Loteng yang sebelumnya berada di atas Dompu. 


Bahkan Kabupaten Sumbawa sempat melayang protes terkait satu medali emasnya yang belum diinput oleh panitia pertandingan.  Peningkatan posisi Dompu di hari terakhir Porprov dikarenakan sumbangsih medali emas dari tinju, muay thai,  kempo yang menumbang masing-masing medali emas di hari akhir Porprov. Selain itu dua medali emas kurash memantapkan posisi Dompu diperingkat dua kelasemen perolehan medali emas.

Hingga berita ini ditulis, Ketua KONI Dompu, Kader Jaelani yang dimintai tanggapannya terkait hasil perolehan medali emas Kabupaten Dompu belum menjawab. Namun demikian Kader Jaelani yang ditemui saat hadir dalam acara penutupan terlihat senang dan gembira atas capaian prestasi Dompu di Porprov 2023.(fan)


0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close