Breaking News

Cintaku Juara 1 Lomba Essay Tingkat Nasional

DOK RIN: Siswi MAN 2 Mataram atas nama Cintaku Faisa Putri Yana, tengah bertanding dalam perlombaan Essay SL 2023 Tingkat Nasional kampus MAN IC Serpong, Tangsel, Rabu (15/03).


Mataram (postkotantb.com)- Siswi MAN 2 Mataram atas nama Cintaku Faisa Putri Yana, berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Essay Sonic Linguistic (SL) 2023 Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh MAN Insan Cendekia (IC) Serpong di kampus MAN IC Serpong, Tangsel, Rabu (15/03) kemarin.

Sonic Linguistic merupakan singkatan dari Show You Brain on Science and Link Your Imagination on Language, Sport, Art, Culture, and Journalistic. Dengan cabang lomba yang dipertandingkan antara lain Science Competition, Cerdas Pengetahuan Umum/CPU, Economics Competition Scientific Report/LKIR, dan Robotic Maze Solving.

Lanjut ke lomba Mathematic Competition, English Debate, Speech Contest, Story Telling, Khitobah Musikalisasi Puisi, Essay Writing Competition, Cipta Cerita, Short Movie, Photo Marathon, Basketball Competition, Acoustic, Saman Dance, Futsal, Archery, dan Mural.

Sebelumnya Sonic Linguistic diadakan secara terpisah. Yakni Sonic dan Linguistic. Ini dimulai sejak tahun 2002. Namun memasuki Tahun 2008, kedua perlombaan yang terpisah ini kemudian disatukan menjadi satu paket perlombaan. Kegiatan ini merupakan kompetisi yang mencakup empat bidang. Diantaranya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), Bahasa, Jurnalistik, dan SAC (Sport, Art, and Culture).

Pada tahun 2023 ini kegiatan Sonic Linguistic mengangkat tema “The Tale of Hieroterra”. Yaitu tentang petualangan seseorang saat berada di dunia baru.

Tema ini diambil karena melihat kondisi bumi saat ini semakin rusak dan tidak layak huni. Diharapkan dengan tema ini para siswa dan semua yang bersangkutan, memiliki kesadaran diri untuk menjaga bumi.

Ditemui Senin (27/03), Cintaku mengaku sangat senang dan bahagia bercampur rasa bangga, karena juara di kompetisi tingkat nasional tersebut.

"Saya merasa senang dan bangga bisa mengikuti Lomba Essay dan ini kali pertama juga saya mendapatkan Juara," ungkapnya dengan senyum.

Cintaku menyebut bahwa ada sekitar 1.021 peserta dari sekolah se Indonesia yang terdaftar mengikuti dalam perlombaan Essay itu. Kegiatan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15-17 Maret 2023. Pengumuman baru di informasikan di tanggal 25 Maret 2023.

"Tapi, dari Cinta sendiri mengambil Lomba Esay, karna ada beberapa jenis yang diperlombakan salah satunya adalah Essay," bebernya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Mataram, H. Lalu Syauki, melaui Wakasek Kesiswaan, Meci Karimah Kasipahu menilai, prestasi tingkat nasional tersebut, membuktikan bahwa Cintaku merupakan salah seorang siswi madrasah dengan potensi yang luar biasa.

"Ini karena baru kelas 10, Cintaku sudah mampu mengukir prestasi di tingkat nasional," sanjung Meci.

Pihaknya berharap, Cintaku tetap fokus agar ke depannya dapat meningkatkan prestasinya. Sebab, melalui potensi yang dimiliki, Cintaku tidak hanya mencetak prestasi di tingkat nasional, namun juga bisa menembus perlombaan berkelas internasional.

"Kami dari madrasah juga sangat mendukung dan siap menfasilitasi bakat serta potensi siswa-siswi kami di berbagai bidang," janji Meci dengan optimis.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close