Breaking News

Gubernur Bang Zul Launching Panen Perdana Udang Vaname Sistim Bioflok di SMKN 1 Alas.

 


Gubernur NTB Dr, Zulkiflimansyah didampingi Kepala Dinas Dikbud NTB Dr, H. Aidy Furqon M.Pd, kasek SMKN 1 Alas Budi Susilo langsung melaksanakan panen perdana udang vaname sistim Bioflok di SMKN 1 Alas.Selasa,(21/03/2023).


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Teaching Factory (TeFa) Pusat Keunggulan SMK Perikanan dan Kelautan Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa berhasil melakukan panen perdana udang Panama, Selasa (21/03/2023). Dalam kegiatan tersebut, Gubernur NTB Dr, Zulkiflimansyah didampingi Kepala Dinas Dikbud NTB Dr, H. Aidy Furqon M.Pd langsung melaksanakan panen perdana udang vaname sistim Bioflok di SMKN 1 Alas.

Kepala SMKN 1 Alas Budi Susilo, S.Pd, M.M. Inov menjelaskan, panen perdana dapat terlaksana berkat kerja keras dari rekan rekan guru bidang perikanan. "Kami ucapkan banyak terimakasih atas kerja keras dari teman teman guru yang sudah merawat dan menjaga, sehingga panen perdana ini bisa kita laksanakan," ucap Budi Susilo.


Gubernur Bang Zul saat memberikan sambutan pada panen perdana Udang Vaname sistim Bioflok di SMKN 1 Alas
.

Lanjut Budi mengatakan, keberhasilan pengelolaan udang vaname tersebut,tak lain merupakan kolaborasi dan sinergi bersama perusahaan tambak yang ada di kabupaten Sumbawa.

“Sinergitas tersebut adalah bagaimana peserta didik kita kompeten sesuai dengan tuntutan Industri” ujar Budi sapaan akrab Kepala SMKN 1 Alas itu.

“Dan Alhamdulillah mulai desain, kurikulum, pembelajaran, proses, produksi dan sampai dengan panen perdana hari hasilnya berkualitas baik,” jelasnya.

Selain itu, Budi juga menyebut kegiatan ini menjadi bukti keberhasilan transformasi pendidikan vokasi yang menjadi salah satu poin kebijakan dari Dirjen Vokasi Kemenbudristek RI.

Melalui kesempatan itu Budi Susilo juga mengatakan sangat bangga karena SMKN 1 Alas dapat melaksanakan panen perdana udang vaname hasil budidaya sistim Bioflok sebagai program pembelajaran Teaching Victory di SMKN 1 Alas. Tandas Budi Susilo

Lanjut Budi mengatakan, program ini sebagai bentuk dukungan SMKN 1 Alas untuk mensukseskan program Industrialisasi guna mewujudkan 11 strategi program yang ada di SMKN 1 Alas. Jelas Budi


Sementara Gubernur NTB Dr H. Zulkiflimansyah dalam pidatonya mengatakan, kita patut bangga karena SMK kita sudah menjadi SMK rujukan Nasional. Trobosan trobosan menunjukan bahwa SMK kita tidak kalah dengan SMK di seluruh Indonesia lainnya, bahkan saya menjadi saksi bahwa hari ini kita bisa melaksanakan panen perdana udang vaname di SMKN Alas ini.

Mudah mudahan ini menjadi optimisme agar siswa siswi kita di samping tetap melanjutkan kuliah untuk mendapat ilmu yang lebih tinggi dan mempunyai aktifitas dan usaha masing masing di masa yang akan datang.Ungkap Bang Zul.

Bang Zul juga mengatakan, bahwa kita berani mencanangkan untuk 1 siswa satu kegiatan usaha. Kenapa saya katakan begitu, karena kalau semua lulusan SMK, SMA dan Perguruan tinggi ingin menjadi pegawai negeri maka kita tidak akan mampu menampung semuanya sumber daya manusia itu.

"Kita akan ada bonus Demograpi sehingga Indonesia akan menjelma menjadi negara yang ekonomi terkuat di dunia, tapi semua itu tergantung kewirausahaan yang kita ciptakan. Bayangkan saja nanti apabila satu siswa satu dunia bisnis, kalau 50 porsen saja berhasil maka NTB ini satu satunya provinsi yang mempunyai pengusaha baru yang paling besar". papar Bang Zul.


Di akhir sambutannya, Gubernur tekankan kepada kepala dinas Dikbud Provinsi NTB, agar jangan diam di tempat, datangi sekolah sekolah, dengan demikian baru  kita tau apa kekurangan dan kemajuan sekolah tersebut. Pesan Gubernur.

Hadir pada acara itu, Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah, Ketua TP PKK Provinsi Ibu Niken, Kepala Dinas Dikbud Dr. AIDY Furqon M.Pd, Kepala SMKN 1 Alas, Budi Susilo, S.Pd. MM Inov, Mantan wakil Gubernur NTB, H. Bonyo Tamrin Rayes, Danramil Alas, Kapolsek Alas, Kepala Sekolah SMK SMA sekecamatan Alas,Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Pimpinan perusahaan tambak kabupaten Sumbawa, dan segenap para tamu undangan.


Usai acara Gubernur NTB Dr, H Zulkiflimansyah menanda tangani prasasti gedung SMKN 1 Alas.(Lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close