Breaking News

Pelaku UMKM Diminta Melek Digital, Lakukan Promosi Melalui Konten Digital

 


Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lombok Utara, Lalu Muhammad Iqbal W


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Para pelaku UMKM Kabupaten Lombok Utara diharapkan mampu melakukan promosi melalui konten digital. Hal ini dalam rangka meningkatkan pendapatan mereka, tentu dengan menerapkan strategi bisnis di era digital dengan tepat.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Lombok Utara, Lalu Muhammad Iqbal W.

"Misal membuat video konten kuliner, ini bagus untuk menunjang bisnis kuliner. Kalau strateginya itu lagi itu lagi, ya sama-sama saja. Omzetnya tidak akan meningkat," ungkapnya kepada postkotantb.com, Selasa (21/03/2023).

Berbeda dengan membuat video konten produk Fashion kata Muhammad Iqbal, video produk kuliner yang diutamakan adalah bagaimana gambar yang ada di dalam konten video tersebut terlihat menggiurkan dan membuat penonton tertarik untuk mencicipinya.

Survey yang Facebook pernah lakukan lanjutnya, saat ini video konten menjadi paling menarik perhatian netizen. Sebagai pebisnis kuliner, pelaku UMKM juga jangan sampai ketinggalan untuk membuat konten video agar bisnis kuliner banyak dilirik oleh calon konsumen. Apalagi saat ini banyak gadget yang memiliki fitur yang memudahkan masyarakat kita membuat konten untuk menghasilkan video yang menarik.

Di tempat yang sama, Sekertaris Prindakop dan UKM Lombok Utara, Anggariono mengatakan, pihaknya sudah berpikir ke arah konten video.Terlebih lagi di era digital ini. Namun karena keterbatasan anggaran, sehingga apa yang menjadi pemikiran kita saat ini belum bisa dilaksanakan.

Anggariono mengakui, pelatihan membuat video konten melalui digital dalam rangka menunjang prospek pasar kuliner ini menjadi penting. Dimana saat ini sedang ramainya pesanan memalui COD yang terlebih dahulu ada pelatihan pelatihan bagaimana catra membuat video konten.

"Kita butuh peralatan, seperti kigting, tripod, reflektor, gimbal, audio, props, treatment, storyboard/storyline, aplikasi pendukung, dan latihan," kata Angga.

"Untuk menghasilkan video yang bisa disukai, perlu melengkapi diri dengan peralatan pendukung dengan harga terjangkau dan mudah dibeli di marketplace," harapnya.

Selain itu lanjut dia, diperlukan melakukan penataan gaya. Misal, permukaan roti burger dioles dengan minyak mengkilap, nasi diganjal agar terlihat lebih munjul, penggunaan es batu buatan, dan lain sebagainya. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close