Breaking News

Rapat Paripurna DPRD Lobar, Bupati Fauzan Sampaikan Prestasi dan kesuksesan Pasangan Zaitun

 


Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lombok Barat dengan Agenda Pidato Kepala Daerah Dalam Rangka HUT Kabupaten Lombok Barat ke-65 Tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Utama DPRD Lombok Barat, Minggu, (16/04/2023) malam.FOTO: Dinas Kominfo Lobar.



Lombok Barat (postkotantbcom) - Lombok Barat  menjadi salah satu daerah yang memiliki prestasi mentereng dan fantastis di Nusa Tenggara Barat bahkan Indonesia. Bagaimana tidak, pada tahun ini dibawah kepemimpinan Bupati H.Fauzan Khalid dan Wakil Bupati Hj Sumiatun, Lombok Barat meraih segudang prestasi mentereng baik tingkat nasional maupun propinsi. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lombok Barat dengan Agenda Pidato Kepala Daerah Dalam Rangka HUT Kabupaten Lombok Barat ke 65 Tahun. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Utama DPRD Lombok Barat, Minggu, (16/04/2023) malam.

Dalam pidatonya Bupati menyampaikan berbagai keberhasilan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Bupati Fauzan menyampaikan, bahwa Pemkab Lombok Barat berhasil meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Lombok Barat secara drastis pada masa Pasangan Zaitun yaitu dari posisi 8 menjadi posisi 4.


Selain Ia juga menyampaikan pasangan Zaitun berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi paling rendah sejak 19 Tahun terkahir. Ia menyampaikan bahwa tahun 2022 tingkat kemiskinan Kabupaten Lombok Barat sebesar 13,39 persen, turun sebesar 1,08 pwrsen dari capaian angka kemiskinan Tahun 2021 sebesar 14,47 persen.

Tingkat kemiskinan Kabupaten Lombok Barat pada masa pemerintahan Fauzan Khalid dan Hj. Sumiatun ini merupakan capaian terbaik selama 19 tahun terakhir. "Kemiskinan Lombok Barat pernah mencapai 31,87 persen tahun 2004, dan pada tahun 2022 ini sudah lebih baik dari capaian Provinsi NTB dengan tingkat kemiskinan Tahun 2022 mencapai 13,68 persen. Lombok Barat saat ini berada diangka 13,39 persen dengan jumlah penduduk miskin Kabupaten Lombok Barat tahun 2022 menurun menjadi 99.010 jiwa, yang pada Tahun 2021 jumlah penduduk miskin mencapai 105.240 jiwa, dan merupakan capaian terbaik selama 19 tahun terakhir. Jumlah penduduk miskin Lombok Barat pernah mencapai 230,5 ribu jiwa pada tahun 2004" paparnya.

Bupati Fauzan menjelasakan, bahwa Pemkab Lombok Barat berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi  Lobar pada dua tahun terakhir dimana ekonomi Lobar tumbuh sebesar 3,40 (tahun 2021) dan tumbuh sebesar 3,48 persen (tahun 2022) setelah sebelumnya terkontraksi sebesar minus 7,03 persen (tahun 2020) akibat pandemi Covid-19. Hal ini menunjukkan bahwa Lombok Barat mampu bangkit, tangguh, dan terlepas dari pandemi. Pertumbuhan ekonomi ini didukung sepenuhnya oleh 5 sektor utama yaitu 1) Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan dengan kontribusi 21,20 persen; 2) Konstruksi 11,23 persen; 3) Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor dengan kontribusi 13,6 persen; 4) Transportasi dan Pergudangan 11,22 persen; dan
5) Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dengan kontribusi 6,47 persen. Ia juga menjelaskan sejumlah capaian keberasilan Pemda Lobar dan membuahkan penghargaan seperti predikat Wajar Tanpa Pengecualian 9 tahun berturut turut.


Bupati Fauzan dengan tenang juga menyampaikan bahwa dalam upaya pemenuhan urusan bencana, Lombok Barat dianugrahi Garda Nasional Bumi dan Bencana (Garnas Buana) Award Tahun 2022 dari Kemendagri. Teranyar, pada 16 Februari 2023 kemarin Lombok Barat berhasil mempertahankan zona Hijau dengan nilai 81,2 dalam kepatuhan standar pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Ombudsman RI.

Selain itu Lombok Barat juga mendapat penghargaan sebagai Kabupaten yang berhasil mempertahankan predikat Informatif sejak tahun 2017-2022 dengan nilai sangat tinggi mendekati sempurna yaitu mencapai nilai 99,50. "Pada bulan Maret tahun 2023 yang lalu Lombok Barat memperoleh sebanyak 5 Anugerah Times Indonesi (ATI) 2022. Masing masing katagori Man Of The Year diraih oleh Bupati Lombok Barat, Women of the Year diraih oleh Wakil Bupati Lobar, Positif News maker diraih oleh Sekda Lombok Barat, Best instansi Lombok Barat diraih oleh Dinas Kominfotik Lombok Barat. Sementara Special Achievement Award Lombok Barat untuk Tokoh Tokoh Optimisme Ekonomi Desa diraih oleh Ketua Assosiasi Kepala Desa Lombok Barat Sahril, SH. Ini pretasi yang luar biasa"ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Fauzan menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah juga berhasil menorehkan prestasi dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Lombok Barat meriah penghargaan dari Nasional dan Propinsi NTB atas keberhasilan Lobar menyelesaikan 5 pilar STBM dalam mendukung percepatan penurunan stunting. Pemkab juga berhasil menorehkan prestasi dalam bidang kesehatan yaitu meningkatkan status Rumah Sakit Patut Patuh Patju dari C ke B, Rumah Sakit Awet Muda dari D ke C.

"Pada tahun 2023 ini, kita akan terus melengkapi fasilitas kedua Rumah Sakit Daerah tersebut diantaranya dengan fasilitas Hemodialisis, serta tambahan fasilitas MRI  di Tripat. Pada tahun ini juga, RSUD Tripat bekerja sama dengan RSUP Provinsi NTB dalam bentuk Sister’s Hospital dalam rangka mensukseskan peningkatan Usia Harapan Hidup" ujar Bupati Fauzan

Dalam kesempatan ini juga Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengatakan bahwa berbagai capaian dan prestasi yang diraih ini merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi berbagai pihak. Ia menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Daerah berserta berbagai pihak dan masyarakat Lombok Barat yang telah memberikan dukungan dan support kepada Pemerintah Daerah sehingga berbagai prestasi membanggakan dan mentereng berhasil diraih oleh Lombok Barat.

Bupati Fauzan juga mengatakan bahwa semua ini merupakan hasil dari semangat kolaborasi, kebersamaan, gotong royong dan gerak cepat yang diterapkan sejak awal. "Ini hasil kerja keras dan ikhtiar semua pihak dan kita bersama. Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak atas kerja keras dan dedikasinya selama ini. Selamat HUT Kabupaten Lombok Barat ke 65, Bangkit dan Prosuktif menuju Lombok Barat Mantap" tandasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Lombok Barat Hj. Nurhidayah dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum HUT Kabupaten Lombok Barat ini harus dapat dimanfaatkan untun menguatkan kebersamaan dan persatuan. Karena hal tersebut dapat mendorong keberhasilan pembangunan Daerah. Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap berbagai capaian dan prestasi mentereng yang ditorehkan oleh Lombok Barat. Ia berharap di tahun depan Lombok Barat dapat semakin kuat dan kompak sehingga berbagai prestasi dan capaian yang diraih dalam pembangunan di Lombok Barat.


Rapat Paripurna DPRD Lombok Barat ini berjalan dengan lancar dan khidmat. Para peserta rapat paripurna DPRD Lobar ini kompak menggunakan seragam muslim sasak saat rapat paripuran DPRD. Hadir dalam rapat ini Pimpinan dan anggota DPRD, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Sekda Lombok Barat H.Ilham dan Sejumlah kepala OPD. (rif/Red)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close