Breaking News

Terkait Kebijakan Pendidikan Karakter di Kabupaten Sumbawa, Wabup Dewi Noviany di Wawancarai Tim INOVASI NTB

 


Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., saat diwawancarai oleh Tim Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) NTB terkait dengan Kebijakan Pendidikan Karakter di Kabupaten Sumbawa, Selasa (11/04/2023). FOTO: Joni Johari PKN.


Sumbawa Besar (postkotantb.com) - Bertempat di Ruang Wakil Bupati Sumbawa, Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd., melakukan wawancara dengan Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) NTB terkait dengan Kebijakan Pendidikan Karakter di Kabupaten Sumbawa, Selasa (11/04/2023).

Point yang disampaikan Wabup dalam wawancara ini yakni berfokus pada kehadiran Perbup No. 33 Tahun 2021 tentang Pendidikan Karakter dan bagaimana kebijakan Pemerintah daerah kabupaten Sumbawa dalam merespon kebijakan nasional dengan Perbup ini.
 
Wabup menyampaikan Perbup pendidikan karakter sejatinya beririsan, senafas bahkan merupakan derivasi/turunan dari kebijakan nasional di bidang pendidikan yakni terwujudnya profil pelajar pancasila yang memiliki enam dimensi yakni beriman, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis dan kreatif. Tukas Wabup

Untuk di ketahui bahwa Pendidikan karakter dalam Perbup No. 33 Tahun 2021 terdapat empat dimensi karakter yakni karakter dalam hubungan dengan tuhan, karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, karakter dalam hubungannya dengan sesama dan karakter dalam hubungannya dengan lingkungan. Selain itu, Perbup ini berproses di semua jenjang pendidikan dasar (SD) dan (SMP) bahkan juga anak-anak di satuan PAUD.


Kemudian, hal yang mendasari lahirnya Perbup ini adalah bahwa didasarkan pada konstruksi berfikir yakni karakter adalah pondasi dalam membangun keseluruhan ekosistem pendidikan, adanya fenomena yang terjadi di level nasional, regional maupun lokal bahkan di level desa, bahwa masalah utamanya adalah kurangnya orang yang benar-benar memegang teguh dengan nilai-nilai luhur atau nilai-nilai ideal, dan ini menyangkut lemah atau rapuhnya karakter positif, didasarkan atas motivasi yang kuat untuk mewujudkan generasi yang berkualitas Sumbawa Gemilang di masa depan." Tegas Wabup. (Ari)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close