Breaking News

Turunkan Angka Stunting, Pemdes Kukin Gelar Lokakarya Pembuatan Menu bagi Balita Stunting

 


Sumbawa Besar  (postkotantb.com) - Pemerintah Desa (Pemdes) Kukin, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa menggelar kegiatan Mini Lokakarya yang mengangkat tema Stunting dan Pembuatan Menu bagi Anak dan Balita Stunting. Lokakarya tersebut dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Desa Kukin pada Rabu, (24/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Kukin, Suhri, A. Md menyampaikan tujuan pelaksanaan Lokakarya ini ialah untuk melatih para kader posyandu desa tempat tentang pembuatan makanan tambahan bagi Balita untuk mencegah stunting.

''Lokakarya ini bertujuan melatih kader posyandu desa mengenai pembuatan menu tambahan bagi anak dan Balita stunting,'' kata Suhri pada wartawan.

Senada disampaikan Camat Moyo Utara, Muhammad Nur. Dia mengatakan, pelatihan pembuatan menu tambahan bagi Balita stunting ini sangat perlu diketahui oleh para kader posyandu. Lebih khususnya para ibu rumah tangga yang sehari-hari lebih mengetahui perkembangan sang buah hati.


Hadir pada acara tersebut, KUPT KB : Eka Fitri Sahwaningsih, S.AP
KTU KB : Sumarlina, S.AP
Penyuluh KB :
1. Edy Julianto, S.AP
2. Fitri Andriani, S.KM
3. Rita Julya, S.KM
4. Erlina Permanasari, S.KM

Karena sebagaimana harapan pemerintah pusat, tahun ini angka stunting di seluruh kabupaten/kota di Indonesia harus di angka 14 persen.


''Ini harus menjadi atensi kita semua. Khususnya ibu ibu yang memiliki Balita di rumah,'' kata Camat.

Terkait stunting, Pemprov NTB sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk menurunkannya. Terbaru, Pemprov mulai menggandeng sekolah kejuruan (SMK) dengan Program Bantuan Satu Anak Satu Telur.

Program ini telah menyasar seluruh kabupaten/kota di NTB. Dan, terbukti para guru maupun siswa yang dilibatkan sangat antusias dengan program ini.


Lokakarya tersebut sekaligus dirangkai pembagian alat timbang digital dan alat cek gula darah, kolesterol, dan asam urat oleh Kepala Desa Kukin.

''Ada 10 unit timbangan digital untuk 5 posyandu
dan 5 alat cek gula darah lengkap dengan stiknya,'' ungkap kades.

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close