Breaking News

Guru PAUD Dituntut Memiliki Kompetensi Komplit

 


Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Lombok Utara, Adnan.S.Pd.M.Pd.FOTO: IST/ JAHARUDDIN.S.Sos (@ng) POSTKOTANTB.COM BIRO LOMBOK UTARA.


Lombok Utara (postkotantb.com) - Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Lombok Utara, Adnan menghadiri Sajian Unit Layanan Keliling (Suling), Rabu (07/06/2023). Dalam acara tersebut, Adnan menyampaikan bahwa proses kegiatan belajar PAUD identik dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dan juga bermakna.

Dimana dalam penerapannya, guru berperan penting dalam membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan, energik, dan membuat siswa menjadi lebih aktif dalam belajar sembari bermain.

"Tidak semua guru terlahir dengan kemampuan untuk bisa menciptakan suasana yang menyenangkan di kelas.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang apa saja skill yang harus dimiliki guru PAUD," paparnya.


Dengan mengetahui apa saja skill yang harus dimiliki, guru dapat melatih skill tersebut jika ingin menjadi guru PAUD.

Penjelasan tentang skill kata Adnan, merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang berasal dari pengalaman dan latihan.

Di hadapan puluhan guru guru PAUD, Kadis Dikbudpora juga memberikan motifasi tenyang skill yang merupakan sesuatu yang dimiliki seseorang setelah melakukan berbagai macam jenis pelatihan dan banyaknya jam terbang yang mereka miliki untuk mengasah kemampuan dan skill tersebut.

Selain itu lanjut Adnan, skill tidak hanya mencakup latihan dan pengalaman saja. Akan tetapi skill juga mencakup pengetahuan, kompetensi, dan kemampuan untuk mengerjakan tugas-tugas operasional.

"Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa skill dapat dikembangkan melalui kegiatan yang dilakukan dan juga berdasarkan pengalaman kerja atau berdasarkan apa yang telah dipelajari melalui pelatihan," ungkapnya.

Ada berbagai jenis skill yang dapat diakses oleh semua orang, misalnya seperti kemampuan fisik, keterampilan dan kecerdasan. Beberapa profesi membutuhkan keterampilan tertentu yang dapat meningkatkan produktivitas profesi tersebut, salah satunya yaitu profesi sebagai guru PAUD.

Pada kesempatan ini juga, Adnan menyarankan semua sekolah untuk memasang lampu halaman dan ornamen lainnya dalam rangka perayaan HUT KLU ke-15 dan HUT RI ke-78 tahun 2023. Ia berharap agar perayaan dua hari besar yaitu Hut KLU ke-15 tanggal 21 Juli dan Hut RI ke-78 tahun 2023 lebih meriah dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun sebelumnya semua warga tidak di benarkan berkerumunan karena Covid-19.

"Saat ini masyarakat sudah dibebaskan dan kembali seperti sedia kala, sehingga kita dianjurkan untuk ikut berpartisipasi memeriahkan HUT KLU ke-15 dan HUT RI ke-78," ajaknya. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close