Breaking News

Hebat !! Desa Darmaji Loteng Sabet Penghargaan Bergengsi dari Kemenkumham RI




Suhaidi, Kepala Desa Darmaji Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. FOTO:IST/LALU M IRSYADI POSTKOTANTB.COM BIRO LOTENG.


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Setelah melalui proses yang panjang dan berat. Karena berkompetisi dengan 760 Kepala Desa seluruh Indonesia. Akhirnya Desa Darmaji Kabupaten Lombok tengah berhasil meraih Paralegal Justice Award (PJA) 2023 atau juru damai tingkat Desa dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional.

Tak tanggung-tanggung, di ajang bergengsi itu, Suhaidi Kepala Desa Darmaji sukses menyabet 2 nominasi penghargaan sekaligus. Yakni sebagai Non Litigation Paecemaker dan Anubhawa Sasana Desa Jagaddhita. Penghargaan itu diberikan kepada Pemerintah Desa/Kelurahan yang sacara aktif dapat menyelesaikan persoalan sengketa hukum di luar pengadilan.

"Alhamdulillah puji syukur kepada Allah, penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Desa Darmaji yang saya cintai, apalagi bertepan dengan Hari Kesaktian Pancasila," terang Suhaidi penuh suka cita, Sabtu (03/6/2023).

Dia menceritakan, bisa ikut audisi karena Desanya ditetapkan sebagai Desa sadar hukum berdasar surat Kemenkumham RI.

"Dari 760 peserta disaring jadi 300 dan yang lolos hanya beberapa Desa untuk dapat penghargaan," utaranya.

Adapun peserta dari NTB, lanjut Dia, ada 10 perwakilan. Kabupaten Bima 1 Desa, Sumbawa 2, Lombok timur 1, Lombok Barat 4, KLU 1, dan Lombok Tengah hanya Desa Darmaji satu-satunya.

Namun disadari, raihan ini tentu bukan hasil diri sendiri melainkan semua elemen. Tak lupa, terima kasih dia ucapkan kepada Orang tua, istri, anak-anak dan seluruh keluarga. Masyarakat Desa Darmaji, rekan-rekan Alumni KAMMI seluruh Indonesia, Rekan-rekan JPRMI se-Indonesia, Rekan-rekan FKD Kecamatan Kopang dan FKD Lombok Tengah, Bapak Camat Kopang, dan seluruh pihak yang telah mendukung dan mendoakan.

Kedepan, penghargaan ini akan jadi motivasi untuk terus belajar. Dan semoga di lain waktu bisa mengharumkan nama Desa Darmaji, Lombok Tengah khususnya dan NTB secara umum pada ajang Nasional berikutnya. (irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close