Breaking News

Saurim Harumkan Nama Desa Batu Jangkih, Menggema di Balai Besar Kemendagri RI

 


Saurim Kades Batu Jangkih kecamatan Praya Barat Daya saat menerima penghargaan berupa cinderamata dari Kemendagri yang diserhakan oleh perwakilan Kemendagri RI di Malang Jatim. FOTO:IST/ LALU M IRSYADI POSTKOTANTB.COM BIRO LOTENG.


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Menjadi salah satu dari 30 perwakilan terpilih unsur Kepala Desa dan Penjabat Kepala Desa pemekaran yang mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas Kepala Desa di Balai Besar Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia 23-26 Mei 2023.

Saurim, Kepala Desa Batu Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah, ukir prestasi Sukses bawa pulang cerita indah mengangkat nama baik dan mengharumkan nama Desa di kancah Nasional.

Dalam kegiatan pelatihan yang berlangsung di Malang Jawa timur itu. Peserta mendapat pembekalan materi terkait regulasi-regulasi, tehnik-tehnik kepemimpinan, desain perencanaan, bagaimana menyusun laporan pertanggung jawaban dan seterusnya.


Di akhir sesi, seluruh peserta kemudian mengikuti tes untuk mengukur tingkat penguasaan materi setelah melalui proses pelatihan selama empat hari.

"Alhamdulillah, saya jadi penjawab pertanyaan tercepat dimomentum itu, lewat laman aplikasi dan mendapat kehormatan serah terima cinderamata dengan orang Kementrian," papar Saurim.

Sebagai Kepala Desa yang tergolong baru, Saurim menilai pelatihan tersebut sangatlah bermanfaat, terutama untuk memahami tupoksi ataupun kewenangan seorang Kades secara lebih esensial.

Ia berharap, di lain waktu objek pelatihan juga bisa menyasar para perangkat Desa, guna menunjang peran dan fungsi Kades secara struktural.

Adapun bentuk kesesuaian yang telah dijalankan Saurim selama memerintah dengan pelajaran yang dicerna dari pelatihan. Cukup banyak capaian yang dianggap sudah selaras.

Melalui visi wujudkan Desa Batu Jangkih Bahagia (BerimAn, Sejahterah, Giat dan Aman). Saurim sudah merintis perubahan signifikan. Mulai dari upaya pembenahan disegala bidang, tatakelola sistem manajemen pemerintahan, peningkatan kapasitas SDM seluruh aparatur dan inventarisir segala potensi yang datangkan PADes.

"Kini pelayanan di Desa makin prima, di kalangan masyarakat juga sudah akrab dan rutin kembali dengan giat budaya gotong royong yang saya galakkan untuk menumbuhkan persatuan masyarakat, diterapkan di segala hal," tuturnya, kepada postkotantb.com Minggu (4/6/2023)


Sampai para Kadus juga, imbuh Saurim, bekerja makin maksimal seiring fasilitas kendaraan dinas yang didapat dari Pemda Loteng. Hasilnya, tingkat partisipasi warga keluarkan pajak SPPT ataupun PBB nya kian antusias. 2 minggu terakhir sudah mampu sedot jutaan rupiah atas upaya Kadus rajin berkeliling sambangi warga.

"Alhamdulillah, perlahan iklim roda pemerintahan ataupun kehidupan bermasyarakat di Desa kami kian berkembang maju, semoga jadi sinyalemen baik di masa depan," tukas Saurim. (Irs).


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close