Breaking News

Kadinkes Loteng : Prestasi Desa Batu Jangkih Patut Jadi Motivasi Lawan Stunting

 


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah Dr.H.Suardi, SKM.MPH. FOTO IST/LALU M IRSYADI


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Dr.H.Suardi, SKM.MPH mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Desa Batu Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya di bawah kepemimpinan Kepala Desa Bapak Saurim, S.Ip.

Batu jangkih berhasil jadi juara terbaik 2 wakili Kabupaten Lombok Tengah pada Lomba Tim Pendamping Keluarga (TPK) tingkat provinsi NTB.

" Selamat, hasil ini tentu diperoleh atas kerja keras dan keseriusan beliau (Saurim) bersama jajarannya dalam upaya penurunan kasus stunting, semoga menjadi motivasi untuk mencerdaskan generasi penerus melalui investasi pencegahan stunting," Katanya, Jum'at (11/8/2023).

Suardi yakin Desa-desa yang lain juga mempunyai niat yang sama untuk berupaya menurunkan angka stunting. Sehingga tahun 2024 Lombok Tengah sudah berada di bawah 14 persen sesuai target presiden Jokowi.

Bentuk dedikasi dan dukungan dari Dikes sendiri, selain pemberian PMT balita juga diberikan telur 2 tray selama 15 hari. Diawasi langsung oleh seluruh kepala OPD sebagai pembina sekaligus pengawas lapangan.

Adapun pola edukasi Dikes selama ini tetap digencarkan. Mulai sebelum hamil bagi calon pengantin diberikan penjelasan tentang kespro. Saat hamil diharuskan periksa minimal 6x untuk perkembangan janin di posyandu maupun puskesmas.

" Puskesmas sudah ada alat USG untuk melihat pertimbuhan janin," terang Suardi.

Dan pola asuh baik setelah lahir,  sekarang sudah ada alat ukur antropometri yang dibagikan ke masing-masing posyandu agar pengujurannya akurat. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close