Breaking News

Mentan Syahrul Yasin Limpo Kagumi Pengembangan Sorgum di NTB

 


Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, SE, M.Sc mendampingi Menteri Pertanian, Dr H Syahrul Yasin Limpo, M.Si saat mengunjungi pengolahan sorgum NTB. Tabeta Sorgum, Selagalas, kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Sabtu (11/8/2023).


Mataram (postkotantb.com) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah, SE, M.Sc mendampingi Menteri Pertanian, Dr H Syahrul Yasin Limpo, M.Si mengunjungi pengolahan sorgum NTB.

"Saya kagum NTB sudah sampai mengolah sorgum sampai tahap akhir dengan ragam produk makanan", ujarnya di Tabeta Sorgum, Selagalas, kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Sabtu (11/8/2023).

Ditambahkannya, sebagai tanaman tropis yang mudah dibudidayakan, sorgum diharapkan dapat menggantikan kebutuhan gandum.


Irwan, pengelola dan pengusaha mengatakan, Tabeta Sorgum mengolah sorgum mulai tahap awal penyediaan bibit, pengembangan sampai pengolahan akhir. Mulai 2009 pihaknya mengembangkan sorgum di lahan 1.213 Ha milik petani se NTB.

"Tahun ini kita menambah 623 Ha di Lombok Timur dan 50 Ha di Loteng dan tahun ini kita menghasilkan 3,5 ton bibit", sebutnya.


Pengolahan sorgum di Tabeta sendiri berupa produk pangan, pakan dan lain lain seperti kue kue, beras sorgum, gula cair dan bahan makanan lainnya.
Lebih jauh ia menguraikan, tanaman sorgum ini sangat bernilai ekonomis, terlebih jika dikaitkan dengan ketahanan pangan pengganti bahan makanan pokok. (Rer)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close