Breaking News

Pemkab Lombok Tengah Bertemu Kemendikbud Ristek Bahas Penanganan Sekolah Rusak

 


Bupati HL.Pathul Bahri saat menghadap ke Kemendikbud Ristek di Jakarta, beberapa waktu lalu. FOTO IST/ POSTKOTANTB.COM


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri, S.IP., M.AP, bersama dengan Ketua DPRD Lombok Tengah, M. Tauhid, S.IP., dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah, Drs. H. Lalu Idham Halid, M.Pd., mengadakan pertemuan strategis dengan Direktur SD Kemendikbud Ristek Republik Indonesia di Jakarta pada Senin, (28/8/2023).

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh kolaborasi tersebut, Bupati Lombok Tengah dengan tegas menggambarkan kondisi darurat sejumlah sekolah di daerahnya yang mengalami kerusakan parah akibat gempa. Beliau juga menyoroti sekolah Inpres, yang telah berdiri sejak tahun 1970 namun belum pernah mengalami perbaikan signifikan.

Bupati menyatakan harapan besar agar sekolah sekolah yang mengalami kerusakan akibat bencana dan juga sekolah sekolah lain yang memerlukan renovasi mendapatkan dana rehabilitasi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) atau sumber pendanaan lain yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pada tahun ini, pemerintah daerah telah mengajukan proposal pemulihan sebanyak 70 sekolah yang masih terdampak gempa, dengan harapan mendapatkan alokasi anggaran untuk proses perbaikan.

Selain itu, Bupati juga menyoroti bahwa Kabupaten Lombok Tengah secara geografis berada pada posisi rawan bencana nasional. Analisis resiko bencana nasional mengungkapkan bahwa dari 12 jenis bencana yang teridentifikasi, sebanyak 10 di antaranya memiliki potensi untuk terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam konteks ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Tengah, Drs. H. Lalu Idham Halid, M.Pd., menekankan urgensi pentingnya melakukan kajian teknis terhadap struktur bangunan sekolah. Penyesuaian dengan kondisi alam Lombok Tengah, yang terletak di daerah rawan gempa, menjadi krusial dalam memastikan keselamatan dan ketahanan bangunan sekolah.

"Kita perlu mempertimbangkan dengan seksama setiap aspek teknis pembangunan, mengingat risiko bencana yang ada di daerah ini," ungkapnya.

Direktur SD Kemendikbud Ristek, Dr. Muhammad Hasbi,S.Sos, M.P., mengapresiasi komitmen yang ditunjukkan oleh Bupati Lombok Tengah dan delegasi. Dirinya menjamin koordinasi erat antara pihaknya dan biro perencanaan Kemendikbud Ristek dalam menangani isu isu yang diangkat oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam penutup pertemuan, ia menyatakan niat untuk segera menyusun langkah langkah konkret untuk menangani tantangan ini bersama sama. (Disk/irs)

Editor : Aminuddin

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close