Breaking News

Tingkatkan SDM, Baznas Lombok Barat Luncurkan Program Beasiswa Berprestasi

 
 


Ketua Baznas Lobar TGH. M.Taisir Al-Azhar saat menyampaikan laporan dari bulan Januari - Agustus 2023, Baznas Lobar telah mendistribusikan dana sebesar 4.2 miliar lebih, termasuk dana kegiatan hari ini sebanyak 500 juta rupiah, kegiatan berlangsung di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Kamis, (24/8/2023). Foto Ist/postkotantb.com


Lombok Barat (postkotantb.com) -  Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Barat meluncurkan program beasiswa bagi masyarakat Lobar. Peluncuran beasiswa berprestasi ini dilaksanakan bersamaan dengan Tasyaruf atau penyaluran Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat, Kamis, (24/8/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid, Pimpinan Baznas Propinsi, Ketua dan Anggota Baznas Lombok Barat, Asisten 1 Setda Lombok Barat, Staf ahli, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.


Bupati Lombok Barat H.Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan apresiasi atas inovasi Baznas Lombok Barat, dalam memberikan beasiswa bagi masyarakat Lombok Barat yang berprestasi. Hal ini sangat positif karena dapat meningkatkan kualitas SDM serta kesejahteraan bagi masyarakat Lobar kedepannya.

Ia berharap dengan program ini dapat membantu dan meningkatkan semangat belajar para generasi muda, untuk berprestasi di bidang keahliannya masing masing hingga dampak kedepannya dengan dorongan ini, mampu menjadi keluarga yang sejahtera hingga nantinya mampu menjadi salah satu peserta muzaki (donatur) pada lembaga Baznas. Papar Bupati

"Kami dari Pemkab Lobar akan terus mendukung Baznas baik dari sisi regulasi dan lainnya, kami berharap semoga dengan ZIS dan Program Beasiswa ini bisa bermanfaat sebagaimana mestinya" ungkapnya.

Lebih lanjut Fauzan juga berharap dari kegiatan ini, bisa menyadarkan para calon muzaki untuk berzakat sebagaian dari harta mereka melalui Baznas Lobar, selain sebagai bentuk kewajiban melainkan sebagai bentuk kolaborasi dalam membangun peningkatan SDM dan kesejahteraan umat.

Hal ini karena dengan program beasiswa ini tentu dapat meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki oleh Lombok Barat. Sehingga Lombok Barat kedepannya dapat menjadi sejahtera dan maju.  "Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran para muzki untuk bertasyaruf melalui Baznas agar semakin banyak masyarakat yang merasa sejahtera dan kualitas SDM Lobar semakin maju dan berkualitas", harapnya

Sementara itu Ketua Baznas Lobar  TGH. M.Taisir Al-Azhar dalam laporannya mengatakan, bahwa dalam satu semester dari bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2023 ini Baznas Lobar telah mendistribusikan dana sebesar 4.2 miliar lebih, termasuk dana kegiatan hari ini sebanyak 500 juta rupiah.


Penyaluran ini diberikan kepada penerima manfaat baik di bidang pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, ekonomi produktif, dakwah dan advokasi. Ia berharap agar dana dana yang disalurkan ini dapat bermanfaat bagi para penerima. "Total dana pada kegiatan ini sebesar 500 juta rupiah diperuntukan kepada 184 orang terdiri baik dari unsur lembaga, yayasan, organisasi, dan fakir miskin serta Beasiswa pendidikan kuliah gratis, S1, S2, S3, dan luar negeri", jelasnya.

TGH Taisir  juga mengatakan, tujuan dari program Beasiswa Berprestasi Baznas yang diluncurkan hari ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar para mahasiswa dalam menuntut ilmu di jenjang S1, S2 dan S3 serta luar negeri. Selain itu program ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas SDM   Lobar sehingga dapat masyarakat Lobar semakin cerdas dan berprestasi di bidang pendidikan.

"Pendistribusian ini semata mata bukan bentuk kepedulian Baznas melainkan sebagai bentuk tanggungjawab atas amanah yang diberikan oleh para muzaki dan hadirnya kami adalah sebagai jembatanya. Semoga bermanfaat bagis semua pihak dan mendapat berkah dari Allah SWT" imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Baznas Provinsi Nusa Tenggara Barat  Dr.TGH Muhammad Said Ghazali menyampaikan akan melakukan tindak lanjut terhadap program besiswa cerdas yang disebut program SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana) yang rencannya akan dicanangkan untuk seluruh masyarakat yang kurang mampu se Kabupaten/Kota Se NTB.


Hal ini tentu sangat bermanfaat karena dapat membantu para mahasiswa berprestasi dalam menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini juga merupakan langkah tepat dalam meningkatkan kualitas SDM dan IPM.
"Kami akan terus tingkatkan kolaborasi dan kerjasama dengan seluruh Kab/Kota se NTB sehingga program program positif dan baik ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi semua pihak", Terangnya.

Pada akhir kegiatan Bupati Lobar  didampingi ketua Baznas Provinsi dan Baznas Kabupaten Lobar berkesempatan memberikan ZIS dan Beasiswa secara simbolis kepada para penerima. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan positif dari tamu undangan yang hadir. (Babe)

Editor : Aminuddin



0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close