Breaking News

5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi, Dorong Perubahan Gemilang SMKN 1 Jonggat, hingga Sukses Kembangkan Motor Listrik

Kepala SMKN 1 Jonggat, Ruju Rahmad, M.T., bersama Kepala Dinas Dikbud NTB, H Aidy Furqon, yang tengah mengantar Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, melihat BETRIK SMEKSA JONGGAT

Lombok Tengah (postkotantb.com)- Hasil Kepemimpinan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Hj. Siti Rohmi Djalillah (Zul-Rohmi) kian nyata. Khususnya terhadap pendidikan. Dalam rangka mempersiapkan generasi unggul, inovatif dan berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045.

Untuk mencapai hasil tersebut, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, seluruh SMA/SMK dan SLB terus dibenahi. Tidak terkecuali SMKN 1 Jonggat yang membuka core bidang keahlian otomotif, Kompetensi Keahlian TBSM dan TKRO serta Core Seni Industri Kratif. Yakni Design Komunikasi Visual (DKV).

Lantas apa saja capaian SMKN 1 Jonggat dimasa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Zul-Rohmi. Ditemui, Senin (18/09), Kepala SMKN 1 Jonggat, H. Ruju Rahmad, M.T., membeberkan sejumlah capaian Gemilang SMKN 1 Jonggat.

Salah satunya, telah melaunching program Konversi Motor Listrik dari Motor Konvensional. Ini menjadi karya inovasi unggulan di sekolah yang mengusung motto Bestari itu.

"Baru-baru ini kami melaunching BETRIK (Bebek Elektrik,red) karya siswa dan guru jurusan Otomotif. Ini semua tak lepas dari dukungan banyak pihak khususnya Gubernur dan Wakil Gubernur NTB," paparnya.

BETRIK SMEKSA JONGGAT adalah sepeda motor bertenaga Listrik tanpa BBM, ramah lingkungan sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara dan suara. Ide pembuatannya tercipta agar siswa mampu menghadapi tantangan zaman dan kemajuan teknologi di bidang otomotif.

"Melihat trend kendaraan masyarakat 10 atau 20 tahun ke depan ditengah menipisnya sumber BBM di alam, Motor Listrik ini sebagai salah satu opsi, dan siswa kita sudah mampu melakukan konversi," imbuhnya.

Program Konversi motor listrik merupakan wujud penerapan 11 Strategi SMK Gemilang Karya melalui Program Guru Tamu, Magang guru dan Wisata Belajar sehingga terciptalah BETRIK, sebagai kendaraan yang memiliki segudang kelebihan dibandingkan kendaraan konvensional.

"Untuk mewujudkan BETRIK sebagai motor Ramah Lingkungan, kami menggandeng guru tamu dari Nolen Training Center, serta mendorong guru otomotif untuk mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh Industri, Dinas maupun Kementrian, sehingga guru serta siswa memiliki kompetensi yang cukup," terang pria yang pernah mengabdi sebagai Kepala SMKN 3 Mataram itu.

BETRIK inovasi SMEKSA JONGGAT juga sempat mengikuti Expo produk SMK Gemilang Karya se- NTB, di lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, dari tanggal 13-15 September 2023. Dalam momentum tersebut, para pengunjung pameran diberi kesempatan untuk melakukan test Ride. Hasilnya, Masyarakat memberi testimoni positif.

"BETRIK menjadi Primadona pengunjung, termasuk bagi perwakilan dari Dirjend Pendidikan Vokasi kemdikbud yang hadir di acara itu," ucapnya dengan bangga.

Atas suksesnya konversi Motor listrik di SMKN 1 Jonggat, Kabid SMK Dikbud NTB M. Khairul Ihwan, M.T., meyakinkan bahwa SMKN 1 Jonggat sebagai Pusat Konversi Motor Listrik. "Bagi masyarakat yang ingin mengkonversi sepeda motor dari BBM ke Listrik bisa datang ke SMKN 1 Jonggat sebagai pusat pengembangan" tegasnya.

Sementara, Kadis Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqon, M.Pd., mengaku terkesan setelah mengendarai Motor Listrik BETRIK karya inovasi SMKN 1 Jonggat. "Nyaman dikendarai dan modelnya sudah standar industri," Pujinya.

Selanjutnya Motor Listrik yang didominasi Warna Biru dengan sedikit aksen Emas itu, akan mengikuti expo tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kementrian ESDM. Betrik akan mewakili Motor Listrik karya SMK NTB di Hotel Prime Park Mataram pada pekan terakhir di Bulan September ini.
 
Capaian mentereng SMKN 1 Jonggat lainnya yakni menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Lombok Tengah yang ditunjuk mengikuti Program  Kampanye Sekolah Sehat (KSS) dari Kemedikbud. Program ini selaras dengan program Zero Waste yang diluncurkan Pemprov NTB.

Dimana Pemerintah Provinsi sebagai Mitra utama yang terus mendukung terlaksananya Program KSS di tingkat sekolah. Sehingga, SMKN 1 Jonggat nantinya menjadi Percontohan Kampanye Sekolah Sehat di NTB.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close