Breaking News

5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi, SMKN 2 Kuripan Jadi Magnet Pendidikan

H. Mahyudin, S.Ag., M.M.

Lombok Barat (postkotantb.com)-Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Hj Siti Rohmi Djalillah (Zul-Rohmi) sangat peduli terhadap pendidikan, dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di NTB.

Asbab hal tersebut, duo doktor ini secara terus menerus memberikan dorongan dan pembenahan terhadap sekolah-sekolah khususnya SMK, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB. Salah satunya SMKN 2 Kuripan, Kabupaten Lombok Barat.

Ditemui, Senin (18/09), Kepala SMKN 2 Kuripan Lobar, H. Mahyudin, S.Ag., M.M., mengaku perhatian Zul-Rohmi sangat dirasakan. Buktinya, beberapa capaian yang belum terpenuhi sebelumnya, akhirnya terwujud selama kedua sosok pemimpin NTB itu memimpin.

"Alhamdulillah, berkat perhatian pemerintah Provinsi NTB, banyak terobosan dan capaian sukses kita gapai, khususnya kami di SMKN 2 Kuripan, yang kini alhamdulillah jadi magnet bagi para penuntut ilmu,” bebernya dengan penuh kebanggaan.

Capaian yang dimaksud diantaranya Program SMK Pusat Keunggulan (PK). Dimana Program ini merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu, dalam peningkatan kualitas dan kinerja.

Ini kemudian diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri dunia kerja, yang pada  akhirnya menjadi SMK rujukan yang berfungsi, sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Capaian lainnya yaitu program SMK BLUD. Program ini merupakan unit kerja pada satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah provinsi yang dibentuk, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terutama peserta didik berupa barang/jasa, tanpa mengutamakan pencarian keuntungan.

"Pada SMK yang sudah BLUD akan diberikan fleksibilitas dalam bentuk keleluasaan pengelolaan keuangan atau barang BLUD SMK sesuai dengan ketentuan yang berlaku," imbuhnya.

Pihaknya berharap, melalui program BLUD, impelementasi Teaching Factory dan PBL, benar-benar menjadi wadah simulasi industri bagi peserta didik agar dapat mengasah kompetensinya serta melahirkan berbagai produk unggulan.

Soal prestasi, SMKN 2 Kuripan kata  sukses dalam berbagai kegiatan seperti Lomba LKS SMK Tingkat Nasional dan berbagai lomba lainnya.

Kepala Bidang SMK,  Khairul Ikhwan, selalu menekankan agar SMK menjalankan peraturan Gubernur no 75 tahun 2020 tentang Revitalisasi SMK.

“Dalam roadmaps itu sudah ada target dan SMKN 2 Kuripan sudah menjalankan 11 strategi SMK Gemilang Karya," tutupnya (RIN)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close